Kemenag: 5 Ribu Jemaah Haji Tiba di RI di Hari Kedua Pemulangan 

Hari ini ada 8 kloter lagi yang pulang ke Tanah Air

Jakarta, IDN Times - Secara bertahap, jemaah haji Indonesia mulai pulang ke Tanah Air. Adapun jemaah haji yang pulang ini adalah jemaah yang diberangkatkan pada gelombang pertama.

Menurut data Kementerian Agama, jumlah jemaah haji di hari kedua pemulangan mencapai 5 ribuan orang.

1. Ada 5.133 jemaah haji pulang ke Tanah Air

Kemenag: 5 Ribu Jemaah Haji Tiba di RI di Hari Kedua Pemulangan Ilustrasi jemaah haji Indonesia (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Biro Humas, Data dan Informasi Kementerian Agama, Wawan Junaedi dikutip dari laman Kemenag, Minggu (17/7/2022) menyebut, ada 5.133 jemaah yang pulang di hari kedua pemulangan.

"Hari kedua pemulangan, jemaah haji reguler yang tiba di Tanah Air sebanyak 5.133 orang. Untuk jemaah haji khusus sebanyak 1.319 orang," ujar dia.

Baca Juga: 112 Jemaah Haji Indonesia Masih Dirawat di Tanah Suci, 52 Wafat

2. Akan pulang lagi delapan kloter jemaah

Kemenag: 5 Ribu Jemaah Haji Tiba di RI di Hari Kedua Pemulangan Suasana Haji di tengah pandemik COVID-19 tahun 2020 (Youtube.com/Makkah Live - Hajj 2020)

Untuk hari ini, lanjut Wawan, akan kembali dipulangkan delapan kloter jemaah menuju lima debarkasi. Di antaranya dua kloter debarkasi Solo/SOC (707 orang), satu kloter debarkasi Jakarta-Pondokgede/JKG (393 orang).

Kemudian, dua kloter debarkasi Jakarta-Bekasi/JKS (817 orang), satu kloter debarkasi Padang/PDG (393 orang), dan dua kloter debarkasi Surabaya/SUB (894 orang).

Baca Juga: Cerita Jemaah Haji: Dulu Itu Haji Kelaparan, Sekarang Kekenyangan

3. Jemaah haji sakit ada 102 orang

Kemenag: 5 Ribu Jemaah Haji Tiba di RI di Hari Kedua Pemulangan Ilustrasi jemaah calon haji Indonesia (IDN Times/Umi Kalsum)

Diketahui, operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1443H/2022M memasuki hari ke-44. Secara bertahap, jemaah haji Indonesia yang diberangkatkan pada gelombang pertama, mulai dipulangkan ke tanah air.

Terkait jemaah sakit, Wawan mengatakan, pada hari ini, ada 102 orang yang dirawat, terdiri atas 26 orang dirawat di RSAS, dan 75 lainnya dirawat di KKHI Makkah.

"Sementara, jemaah wafat bertambah 4 orang. Sehingga jumlah jemaah wafat sampai hari ini sebanyak 56 orang," ujarnya.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya