KPK Periksa Anies soal Formula E, Taufik Singgung Nasib Elektabilitas

Elektabilitas Anies dinilai tak bakal terpengaruh

Jakarta, IDN Times - Pemanggilan Gubernur Anies Baswedan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait gelaran Formula E dinilai tak akan menjatuhkan elektabilitasnya sebagai calon presiden (Capres) 2024 mendatang. Hal itu disampaikan Anggota DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik di Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Eks Wakil Ketua DPRD DKI ini juga menanggapi santai perihal dugaan adanya upaya penjegalan terkait pemeriksaan Anies di KPK. "Menurut saya sih tidak ada pengaruhnya ya," kata Taufik disitat ANTARA.

Andaipun ada yang berpendapat berbeda, dia dengan santai mempersilakan. "Ya tidak apa-apa kalau orang berpandangan seperti itu," katanya lagi.

Baca Juga: Usai Diperiksa KPK 11 Jam Terkait Formula E, Anies Tegas Bilang Begini

1. KPK dianggap memang perlu panggil Anies Baswedan

KPK Periksa Anies soal Formula E, Taufik Singgung Nasib ElektabilitasIlustrasi gedung Merah Putih KPK (www.instagram.com/@official.kpk)

Lebih jauh Taufik mengatakan, memang sewajarnya jika KPK kemudian memanggil Anies untuk dimintai pernyataannya seputar Formula E. Sebab ajang balap mobil balap listrik yang digelar tiga bulan lalu itu memang terbilang sukses digelar.

"Saya melihat bahwa KPK memang perlu memanggil Pak Anies dalam rangka penjelasan supaya lebih terang benderang dalam persoalan ini," katanya.

2. Taufik positif thinking pada KPK

KPK Periksa Anies soal Formula E, Taufik Singgung Nasib ElektabilitasIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Taufik sendiri meyakini KPK akan bekerja sesuai tugas dan fungsinya saat mendalami perkara dugaan korupsi ajang balap mobil listrik tersebut.

"Kita positif thingking saja pada KPK bahwa KPK akan menilai Pak Anies seobjektif mungkin ," kata dia.

Gubernur Anies Baswedan diketahui memenuhi pemanggilan KPK hari ini sekira pukul 10.00 WIB. Tetapi Anies tak banyak bicara saat tiba di Gedung KPK.

Baca Juga: Simpatisan Anies Baswedan Ricuh di KPK, Teriakkan Anies Presiden!

3. Keterangan Anies dibutuhkan KPK

KPK Periksa Anies soal Formula E, Taufik Singgung Nasib ElektabilitasIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sebelumnya KPK menjelaskan alasan memanggil Gubernur DKI Anies Baswedan soal penyelidikan kasus Formula E. Tim penyelidik mengaku membutuhkan keterangan Anies tentang ajang balapan mobil listrik itu.

"Dalam proses penyelidikan, KPK tentu dapat mengundang berbagai pihak untuk dikonfirmasi dan diklarifikasi oleh tim penyelidik KPK. Sehingga siapapun yang memang keterangannya dibutuhkan maka pasti akan kami panggil," kata juru bicara KPK, Ali Fikri.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya