Comscore Tracker

Lagi, Udara Jakarta Kembali Jadi yang Terburuk di Dunia Sabtu Ini

Angka PM2,5 terpantau di langit Jakarta

Jakarta, IDN Times - Kota Jakarta lagi-lagi mencatatkan kualitas udara terburuk di dunia sepanjang hari Sabtu ini. Hal itu setidaknya terlihat dalam pantauan situs IQAir sepanjang siang hingga sore ini.

Dari pantauan IDN Times, Sabtu (2/7/2022) petang, di situs tersebut, Jakarta bertengger di posisi teratas dengan kualitas terburuk di dunia mengalahkan Kuwait City (Kuwait), Tehran (Iran), Karachi (Pakistan) hingga Dubai (Uni Emirat Arab).

Catatannya, polutan utama DKI Jakarta tercatat mencapai PM2,5. Itu artinya konsentrasi PM 2.5 di udara Jakarta saat ini setara 14.6 kali di atas nilai panduan kualitas udara tahunan WHO. Seperti apa rinciannya?

1. Indeks kualitas udara Jakarta tidak sehat

Lagi, Udara Jakarta Kembali Jadi yang Terburuk di Dunia Sabtu IniANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Jika melihat data rinci IQAir, catatan kualitas udara buruk setidaknya memang sudah terekam sejak beberapa waktu terakhir. Dan sejak kemarin, IQAir juga merekam bahwa kualitas udara Jakarta sudah buruk kembali

Jika tingkat polusi kemarin mencapai angka 158 AQI US, hari ini mencapai 160 AQI US.

Warga pun direkomendasikan untuk mengenakan masker di luar ruangan, menutup jendela untuk menghindari udara luar yang kotor, sampai menghindari aktivitas di luar ruangan.

Baca Juga: Akui Kualitas Udara Jakarta Buruk, Anies: Ini Masalah Serius!

2. Mengenal dampak buruk udara kotor di Jakarta

Lagi, Udara Jakarta Kembali Jadi yang Terburuk di Dunia Sabtu Iniilustrasi polusi udara (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Nah bagi Anda yang belum tahu soal PM 2,5, ini adalah salah satu jenis dari particulate matter (PM) yang merupakan salah satu bahan pencemar.

Biasanya ini terdiri dari berbagai campuran kompleks partikel seperti asap, debu, kotoran, dan cairan yang ditemukan di udara dalam ukuran yang kecil.

WHO sendiri menyebut, jika angka PM 2,5 seperti kualitas udara Jakarta hari ini, bakal menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, mulai dari kanker paru-paru, ISPA, serta kardiovaskular.

3. Wilayah-wilayah udara buruk di Jakarta hari ini

Lagi, Udara Jakarta Kembali Jadi yang Terburuk di Dunia Sabtu IniFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Adapun kualitas udara di Jakarta memang sudah alami penurunan kualitas sejak 14 Juni 2022 lalu. Bahkan saat itu mencapai angka 199 di pagi hari.

Untuk wilayah-wilayah yang kualitas udaranya tercatat buruk hari ini di Jakarta, antara lain AHP - Capital Place (169), Wisma Matahari Power (168), Angkasa-Kemayoran (165), TJ Depo Pesing (164), Jalan Hayam Wuruk (163), Thamrin Residences Apartment (162), TJ Depo Rawa Buaya (161), Jalan Pasir Putih II (160), Wisma 76 (160), US Embassy in South Jakarta
(160).

Baca Juga: Kualitas Udara Jakarta Masih Buruk, PSI Usul Bodetabek Dilibatkan

4. Rangking kota terburuk kualitas udara di dunia hari ini

Lagi, Udara Jakarta Kembali Jadi yang Terburuk di Dunia Sabtu IniIlustrasi lalu lintas. (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Berikut rangking kota-kota di dunia dengan kualitas udara buruk hari ini, Sabtu (2/7/2022):

1. Jakarta, Indonesia - 162
2. Kuwait City, Kuwait - 158
3. Tehran, Iran - 157
4. Karachi, Pakistan - 144
5. Dubai, Uni Emirat Arab - 114
6. Lima, Peru - 108
7. Lahore, Pakistan - 99
8. Seoul, Korea Selatan - 91
9. Kathmandu, Nepal - 89
10. Singapore, Singapura - 87.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya