Pemda Mesuji Sambut Baik Pemutakhiran Data SDGs Rancangan Kemendes

Upaya mewujudkan desa tanpa kemiskinan

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung menyambut baik adanya Sustainable Development Goals (SDGs) Desa yang digagas Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar.

Hal tersebut disampaikan oleh Pendamping Desa yang bertugas di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mesuji, Syamsudin mengaku sangat antusias untuk segera memanfaatkan data berbasis SDGs Desa.

1. Pemutakhiran data SDGs di 105 desa sudah rampung

Pemda Mesuji Sambut Baik Pemutakhiran Data SDGs Rancangan KemendesHalalbihalal virtual bersama Gus Menteri (Dok. Kemendes PDTT)

Eko Suprasetio selaku Pendamping Desa Kabupaten Mesuji menjelaskan, saat ini pemutakhiran data berbasis SDGs Desa di 105 desa di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung sudah rampung.

Ia menambahkan bahwa nantinya data tersebut akan dijadikan acuan utama atas semua program pembangunan di kabupaten tersebut. 

"Besok kami diajak rapat dalam rangka cepat mendapatkan data pendidikan di Mesuji, kami akan segera menindaklanjuti ini," kata Eko saat menghadiri acara halalbihalal secara virtual bersama Gus Menteri dengan Pendamping Desa, Rabu (19/05/2021).

Baca Juga: Kemendes PDTT Turut Kembangkan Desa Wisata di Kawasan Maninjau 

2. Memberikan penghargaan

Pemda Mesuji Sambut Baik Pemutakhiran Data SDGs Rancangan KemendesMenteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar melakukan halalbihalal dengan Seluruh Pendamping Desa dan pemulihan ekonomi dari desa secara virtual di Jakarta, Rabu (19/5/2021). (Dok. Kemendes PDTT)

Mendengar kabar tersebut, Mendes Abdul Halim Iskandar akan segera memberikan penghargaan kepada Desa yang lebih cepat merampungkan pemutakhiran data berbasis SDGs Desa.

"Bagi yang sudah selesai per tanggal 31 Mei ini, nanti tolong dilaporkan karena akan segera kita kita berikan penghargaan untuk desa yang cepat dalam menyelesaikan pemutakhiran data untuk memotivasi," kata Abdul Halim yang akrab disapa Gus Menteri.

3. Mempercepat pemutakhiran

Pemda Mesuji Sambut Baik Pemutakhiran Data SDGs Rancangan KemendesMenteri Desa, PDT dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar melakukan halal bihalal virtual bersama sejumlah pengurus desa wisata di Indonesia, Selasa (18/5). Gus Menteri juga memanfaatkan halal bihalal tersebut untuk memantau pengelolaan desa wisata di era pandemik COVID-19. (Dok. Kemendes PDTT)

Lebih lanjut, Gus Menteri meminta kepada para Pendamping Desa agar mempercepat pemutakhiran data berbasis SDGs Desa, semua desa yang cepat menyelesaikan akan diberikan penghargaan langsung dari Gus Menteri.

"Kalau tidak bisa Mei, kejar sampai ke Juni supaya apresiasinya tidak terlalu jelek, tapi tetap kita apresiasi, sampai Juli pun kita tetap apresiasi tapi great-nya beda, nanti ada kategorinya," pungkasnya. (WEB)

Baca Juga: Cegah Korupsi, Kemendes akan Cek Laporan Penerima BLT Dana Desa 

Topik:

  • Ridho Fauzan
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya