Comscore Tracker

Dukung Energi Terbarukan, PLN Bangun PLTBg di Sumatra Utara

Diperkirakan dapat memproduksi listrik 15 GWh per tahun

Jakarta, IDN Times - Komitmen PT PLN (Persero) dalam mendorong pengembangan pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT) di Tanah Air mulai terealisasi melalui penambahan pasokan energi bersih di Sumatra Utara, lewat hadirnya Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) Pasir Mandoge berkapasitas 2x1 megawatt (MW).

Menandai masuknya ke dalam sistem, penandatanganan berita acara Commercial Operation Date (COD) PLTBg Pasir Mandoge pun dilakukan antara PLN Unit Induk Wilayah Sumatra Utara dengan PT Karya Mandoge Energi pada Selasa, (3/8/2021).

1. Memproduksi listrik 15 GWh

Dukung Energi Terbarukan, PLN Bangun PLTBg di Sumatra UtaraPenandatanganan berita acara Commercial Operation Date (COD) PLTBg Pasir Mandoge antara PLN Unit Induk Wilayah Sumatra Utara dengan PT Karya Mandoge Energi pada Selasa, (3/8/2021). (Dok. PLN)

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) yang dilakukan di Kantor PLN UIW Sumatra Utara pada April 2021 lalu. 

Perlu diketahui, PLTBg Pasir Mandoge memanfaatkan limbah cair (POME) dari Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PTPN IV. PLN Kemudian membeli listrik dari PT Karya Mandoge Energi dengan harga Rp 1.018 per kilowatt hour (kWh). 

Pembangkit listrik ini dibangun dengan investasi Rp42 miliar dan diperkirakan dapat memproduksi listrik 15 GWh per tahun. 

"Kehadiran pembangkit ramah lingkungan ini bakal semakin memperkuat sistem kelistrikan Sumatra Utara," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatra Utara, Pandapotan Manurung.

Baca Juga: Begini Persiapan PLN Dukung Pencapaian Nol Emisi Karbon pada 2060

2. PLN kembangkan energi bersih dan ramah lingkungan

Dukung Energi Terbarukan, PLN Bangun PLTBg di Sumatra UtaraPembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) Pasir Mandoge. (Dok. PLN)

Pandapotan berharap, pengoperasian PLTBg Pasir Mandoge dapat mengurangi dampak lingkungan akibat emisi gas rumah kaca, meningkatkan rasio elektrifikasi dan menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat yang ada di sekitar daerah tersebut. 

"PLN terus mengembangkan energi bersih dan ramah lingkungan sesuai semangat dasar transformasi green," tuturnya.

3. Perkuat sistem kelistrikan Sumatra Utara

Dukung Energi Terbarukan, PLN Bangun PLTBg di Sumatra UtaraPembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) Pasir Mandoge. (Dok. PLN)

Sementara itu, Yudhistira Wiryawan selaku Direktur PT Karya Mandoge Energi turut mengapresiasi kerja sama ini.

Ia menyebutkan, PLTBg Pasir Mandoge telah masuk dalam sistem kelistrikan melalui jaringan distribusi 20 kV yang dioperasikan oleh PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pematangsiantar sejak akhir bulan lalu. 

"PLTBg Pasir Mandoge telah memperkuat sistem kelistrikan Sumatra Utara sejak 23 Juli lalu,” ungkap Yudhistira. (WEB)

4. Bangun PLTP berkapasitas 20 MW di NTT

Dukung Energi Terbarukan, PLN Bangun PLTBg di Sumatra UtaraPT PLN (Persero) segera membangun Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Mataloko berkapasitas 20 megawatt (MW) di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT). (Dok. PLN)

PLN juga akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Mataloko berkapasitas 20 megawatt (MW) di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pembangunan pembangkit ramah lingkungan ini diperkirakan menelan biaya Rp101,8 miliar. 

"Pembangunan PLTP Mataloko merupakan bentuk komitmen PLN dalam mendukung upaya pemerintah meningkatkan peran energi baru terbarukan (EBT) pada bauran energi nasional yang ditargetkan mencapai 23 persen pada 2025," ujar General Manager Unit Induk Pembangunan (UIP) Nusa Tenggara, Joshua Simanungkalit. 

PLTP Mataloko merupakan program pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang termasuk dalam program 35 ribu MW. Program ini merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) di wilayah Kabupaten Ngada, NTT. 

"Pembangkit yang dibangun di atas lahan seluas 210.700 meter persegi ini ditargetkan beroperasi komersial pada 2024," kata Joshua.

Sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan EBT di Tanah Air, PLN juga akan memulai persiapan pembangunan PLTP Ulumbu dan PLTP Atadei di NTT. Pembangunan sejumlah pembangkit ramah lingkungan ini merupakan salah satu upaya PLN mengurangi penggunaan energi fosil. 

“PLN melihat pengembangan energi panas bumi yang signifikan harus segera dimulai dan diwujudkan. Dengan demikian, kita mampu menciptakan ketahanan energi melalui renewable energy secara berkesinambungan," tutur Joshua. 

5. Mendorong transisi energi dan dekarbonisasi

Dukung Energi Terbarukan, PLN Bangun PLTBg di Sumatra UtaraWakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam dalam diskusi daring Managing Megaprojects, Rabu (28/7/2021). (Dok. PLN)

Sementara itu Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, kesuksesan transisi energi ditentukan dengan kerja bersama. Menurutnya, PLN telah merancang untuk menerapkan strategi cerdas menekan emisi karbon. 

“Kita di sini dengan satu tujuan. Memastikan generasi mendatang memiliki masa depan yang lebih baik dibandingkan generasi hari ini,” ujar Darmawan dalam diskusi daring 2021 International Climate Change Conference (ICCC) bertajuk 'A Just and Affordable Transition toward Net Zero,” Kamis (22/7/2021). 

Menurutnya saat ini PLN tengah mendorong transisi energi dan dekarbonisasi dengan strategi bertahap guna mencapai target nol emisi karbon pada 2060. Menuju target tersebut, PLN siap memimpin transisi energi melalui pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) di sektor ketenagalistrikan. 

Misalnya saja dengan menjalankan program co-firing, memasifkan penggunaan kendaraan listrik, mengonversi pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) dengan pembangkit EBT, dan lainnya. 

"Kita lihat sektor transportasi. Selama ini masih mengandalkan minyak, yang sebagian besar didatangkan dari impor. Kita harus menggeser pola konsumsi energi kita dari foreign based energy menjadi domestic based energy. Dengan mendorong kendaraan listrik, ini jadi solusi menekan emisi karbon. Transisi energi juga punya kepentingan menekan impor BBM," tambahnya. (WEB)

Baca Juga: PLN Siapkan Transisi Menuju Energi Bersih Demi Generasi Mendatang

Topic:

  • Ridho Fauzan
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya