Comscore Tracker

Hadiri Halabihalal Kemendes PDTT, Berikut Pesan-Pesan Gus Menteri

Berharap seluruh pegawai Kemendes amanah

Jakarta, IDN Times - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menghadiri acara halalbilhalal Kementerian Desa yang diselenggarakan secara virtual pada Senin (17/8/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Gus Menteri, sapaan akrabnya, mengucapkan Selamat Idulfitri 1442 Hijriah kepada seluruh keluarga besar Kemendes PDTT sekaligus mengajak mereka untuk terus berkhidmat kepada bangsa dan negara. 

1. Berharap ibadah puasa diterima

Hadiri Halabihalal Kemendes PDTT, Berikut Pesan-Pesan Gus MenteriMenteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menghadiri acara halalbilhalal Kementerian Desa yang diselenggarakan secara virtual pada Senin (17/8/2021). (Dok. Kemendes)

Abdul Halim juga mendoakan agar semua ibadah Ramadan yang dilakukan selama ini mendapat hikmah dan berkah dari Allah SWT.

“Ibadah Ramadan ini diklasifikasikan tiga yaitu klaster 10 hari pertama yang penuh dengan rahmat. Klaster kedua penuh pengampunan Allah SWT dan 10 hari ketiga adalah Allah SWT bebaskan dari Api Neraka,” tuturnya. 

Baca Juga: Kemendes Perkuat Sinergi dan Kerja Sama dengan Bank Mandiri

2. Mengajak keluarga besar Kemendes bekerja dan berperilaku baik

Hadiri Halabihalal Kemendes PDTT, Berikut Pesan-Pesan Gus MenteriMenteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menghadiri acara halalbilhalal Kementerian Desa yang diselenggarakan secara virtual pada Senin (17/8/2021). (Dok. Kemendes)

Ia meyakini ibadah Ramadan akan diterima oleh Allah SWT, tapi ada syarat yang harus dipenuhi aspek vertikal, yaitu hubungan dengan manusia dan rasa kebersamaan. Ia sempat mengutip Hadis Nabi Muhammad SAW soal Mufhlis, yaitu orang-orang yang bangkrut.

Orang-orang bangkrut menurut Kanjeng Nabi adalah orang datang di Hari Kiamat dengan membawa seluruh ibadahnya seperti salat, zakat, dan lainnya tetapi saat di dunia selalu menyakiti manusia lainnya. 

Momentum Idulfitri ini, Gus Menteri mengajak seluruh Keluarga Besar Kemendes PDTT untuk senantiasa menghindari hal yang merugikan hubungan sesama manusia. 

"Saya setiap tahun berusaha introspeksi diri untuk bisa lebih baik lagi menjalankan amanah ini dan tidak merusak hubungan ilahiah," kata Mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini.

3. Ini salah satu fokus Kemendes pada 2021

Hadiri Halabihalal Kemendes PDTT, Berikut Pesan-Pesan Gus MenteriMenteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar melakukan kunjungan kerja ke Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Mojokerto, Sabtu (8/5). (Dok. Kemendes PDTT)

Gus Menteri juga menjelaskan bahwa salah satu fokus Kemendes PDTT 2021, yaitu pengembangan BUMDes karena terbukti jika badan usaha ini maju maka akan memberi manfaat ekonomi dan kesejahteraan bagi warga desa.

Ia juga berharap agar aktivitas transaksi, termasuk soal Dana Desa bisa dilakukan secara digital atau cashless. Menurutnya digitalisasi akan menambah aspek keamanan karena jejak aktivitas keuangan dan alur penggunaan dana lebih jelas. 

"Tapi karena kondisi sejumlah wilayah belum memungkinkan maka diizinkan secara konvensional," katanya. (WEB)

Baca Juga: Kemendes: Dana Desa Bisa Dicairkan untuk Atasi COVID-19

Topic:

  • Ridho Fauzan
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya