Hutama Karya Hadir di BUMN Goes To Campus ITB

Tingkatkan kepedulian di bidang pendidikan

Jakarta, IDN Times - PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bertajuk “HK Peduli Pendidikan” kembali berkolaborasi dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar kegiatan BUMN Goes to Campus (BGTC) di Aula Barat Institut Teknologi Bandung (ITB), Kamis (21/9). 

Kegiatan ini diikuti sejumlah BUMN lainnya seperti PT Pertamina (Persero), PT PLN (Persero), KAI, Telkomsel, Mandiri, AirNav Indonesia, POS Indonesia, dan Biofarma dengan total pengunjung kurang lebih sebanyak 500 orang. 

Acara yang mengusung tema “Reach Your Dream” ini merupakan salah satu upaya transformasi oleh Kementerian BUMN bersama BUMN dalam memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk dapat berkarir dan menjadi bagian dari Insan BUMN.

1. Beri peluang mahasiswa/i maupun alumni ITB untuk menjadi bagian dari BUMN

Hutama Karya Hadir di BUMN Goes To Campus ITBPT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali berkolaborasi dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar BUMN Goes to Campus (BGTC) pada Kamis (21/9) di Aula Barat Institut Teknologi Bandung (ITB). (Dok. Hutama Karya)

BGTC sendiri diisi dengan serangkaian acara berupa Inspiring Talk dan Talkshow oleh beberapa narasumber di antaranya Stafsus III BUMN Arya M Sinulingga, Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Entrepreneur Startup (Merah Putih Fund), dan Persatuan Pelajar Indonesia. 

Selain itu, acara juga dimeriahkan dengan penampilan pentas seni serta booth-booth BUMN yang berisi tentang profil perusahaan, informasi kesempatan magang hingga lowongan kerja. 

Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga menyampaikan, kegiatan BGTC kali ini bertujuan memberikan semangat dan peluang baru bagi mahasiswa/i maupun alumni ITB untuk terjun langsung membangun negeri dan menjadi bagian dari 40 BUMN di Indonesia. 

“Tak ada lagi yang meragukan kompetensi dan kualifikasi dari mahasiswa/i lulusan ITB, banyak pimpinan BUMN yang keren-keren itu alumni ITB, jadi saya harap mahasiswa/i di ITB nanti kalau lulus langsung daftar masuk BUMN,” ujar Arya. 

Baca Juga: Renovasi Dua Poliklinik di RSCM, Sebagai Bentuk Komitmen Hutama Karya

2. Mendorong generasi penerus bangsa untuk terus berprestasi

Hutama Karya Hadir di BUMN Goes To Campus ITBPT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali berkolaborasi dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar BUMN Goes to Campus (BGTC) pada Kamis (21/9) di Aula Barat Institut Teknologi Bandung (ITB). (Dok. Hutama Karya)

Hutama Karya juga turut andil dalam meramaikan BGTC dengan menyalurkan dana pendidikan kepada 6 mahasiswa/i ITB yang berprestasi di bidang akademik. Hal ini sebagai bentuk apresiasi perusahaan sekaligus menjadi motivasi bagi mahasiswa/i dalam proses belajarnya. 

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo menyampaikan bahwa keikutsertaan Hutama Karya dalam kegiatan BGTC sebagai bentuk komitmen dan kepedulian perusahaan untuk mendorong generasi penerus bangsa agar terus berprestasi. 

Selain itu, juga berpartisipasi aktif dalam menjalin komunikasi dan membangun kolaborasi dengan mahasiswa/i serta pihak kampus agar dapat menjadi bagian dalam kemajuan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

“Sebagian besar engineer Hutama Karya merupakan lulusan ITB, sehingga diharapkan mahasiswa/i yang telah lulus dapat terlibat dan mengaplikasikan ilmunya dalam mengakselerasi infrastruktur negara bersama Hutama Karya,” ujar Tjahjo. 

Lebih jauh, Tjahjo menyampaikan bahwa Hutama Karya memberikan ruang bagi generasi muda Indonesia dalam mengakses berbagai informasi dan profil tentang perusahaan serta memberikan kesempatan bagi mereka untuk memperoleh berbagai pengalaman melalui program magang, informasi lowongan pekerjaan hingga kesempatan meraih dana pendidikan. 

Selama acara berlangsung, antusiasme yang positif cukup dirasakan di booth Hutama Karya. Showcase yang disajikan pun berhasil menarik perhatian pengunjung diantaranya informasi kinerja perusahaan, progres proyek-proyek unggulan, salah satunya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). 

3. BGTC akan terus berlanjut di beberapa lokasi lainnya hingga akhir 2023

Hutama Karya Hadir di BUMN Goes To Campus ITBBUMN Goes to Campus (BGTC) yang diadakan di Telkom University. (Dok. Telkom)

Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D. selaku Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) turut memberikan apresiasi kepada Kementerian BUMN serta beberapa BUMN lainnya yang telah berpartisipasi dalam kegiatan BGTC di kampus ITB. 

“Saya sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan wawasan yang luas tentang apa itu transformasi BUMN dan harapannya mahasiswa/i ITB bisa berkontribusi menjadi bagian dari transformasi BUMN,” ungkap Reini.

Sebagai catatan, selama 2023 Hutama Karya telah berperan aktif dalam pelaksanaan BGTC yang sebelumnya telah dilaksanakan di IPB, Politeknik Sriwijaya Palembang, dan ITB. Kegiatan ini akan terus berlanjut di beberapa lokasi lainnya hingga akhir 2023. 

Seluruh rangkaian kegiatan HK Peduli Pendidikan tersebut telah sesuai dengan ISO:26000 serta Sustainable Development Goals (SGDs) Pilar Pembangunan Sosial No. 04 tentang Pendidikan Berkualitas. (WEB)

Baca Juga: Hutama Karya Tingkatkan Kualitas UMK dengan Pelatihan & Pembinaan

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya