Jasa Raharja Berikan Pembekalan Safety Campaign ke Komunitas Mekaar

Jasa Raharja memberdayakan korban kecelakaan

Jakarta, IDN Times - Komunitas Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) akan mendapatkan pembekalan safety campaign dari Jasa Raharja karena menyadari pentingnya berperilaku tertib dan selamat dalam berlalu lintas.

Direktur Utama Jasa Raharja,Rivan A Purwantono menjelaskan bahwa melalui kerja sama ini korban kecelakaan akan direkrut menjadi anggota komunitas Mekaar PNM, kemudian mengikuti program pemberdayaan. Hal tersebut dimaksudkan agar tidak terjadi penurunan kesejahteraan karena kehilangan kemampuannya untuk bekerja.

“Kerja sama ini menjadi terobosan agar para korban kecelakaan lalu lintas dapat kembali bangkit dan tidak terpuruk dari sisi ekonomi. Hal ini mengingat berbagai studi menunjukkan, korban kecelakaan lalu lintas umumnya adalah usia produktif dan menjadi tulang punggung keluarga,” jelas Rivan saat menandatangani MoU dengan PT Permodalan Nasional Madani, Selasa (11/1/2022). 

1. Jasa Raharja membina anggota komunitas Mekaar sebanyak 10,8 juta orang

Jasa Raharja Berikan Pembekalan Safety Campaign ke Komunitas MekaarDirektur Utama PT Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono, dan Direktur Utama PNM, Arief Mulyadi, melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman di Menara PNM Jakarta, Selasa (11/1/2022).

Diketahui, kerja sama Jasa Raharja dan PNM ini mencakup program edukasi, sosialisasi, pelatihan, pemberdayaan ekonomi, dan berbagai bentuk kegiatan pencegahan kecelakaan lalu lintas kepada koordinator (account officer) yang secara rutin melakukan pertemuan kelompok mingguan.

Direktur Utama PNM, Arief Mulyadi, menyampaikan bahwa hingga November 2021, PNM telah merekrut dan membina anggota aktif komunitas Mekaar sebanyak 10,8 juta orang. Total penyaluran pinjaman mencapai Rp25,3 triliun.

“Saya harapkan melalui kerja sama ini semakin banyak korban kecelakaan lalu lintas dapat diberdayakan. Melalui para koordinator, korban kecelakaan lalu lintas akan diberikan berbagai pelatihan secara rutin setiap minggu, ditingkatkan pengelolaan keuangan, pembiayaan modal tanpa agunan, penanaman budaya menabung, dan kompetensi kewirausahaan, serta pengembangan bisnis,” ujarnya.

Baca Juga: Pemberdayaan Ekonomi Korban Laka, PNM dan Jasa Raharja Kolaborasi

2. Keluarga korban kecelakaan alami pemiskinan

Jasa Raharja Berikan Pembekalan Safety Campaign ke Komunitas MekaarPetugas Jasa Raharja mengunjungi penumpang bus TransJakarta yang mengalami tabrakan beruntun dengan sesama bus TransJakarta, di Halte Cawang Ciliwung arah Pinangranti, Jakarta Senin (25/10/2021). (Dok. PT Jasa Raharja)

Berdasarkan kajian Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia, 62,5 persen keluarga korban yang meninggal dunia mengalami pemiskinan, dan 20 persen keluarga yang mengalami luka berat juga mengalami hal yang sama.

Diketahui, 48 persen para korban laka berusia produktif, yakni 20-49 persen. Sementara itu, dalam tiga tahun terakhir, 2018 hingga September 2021, korban laka mencapai 481.034 jiwa, dengan mayoritas berusia produktif (26-55 tahun) dan lansia (di atas 55 tahun), berjenis kelamin laki-laki, dan mayoritas berprofesi pelajar dan wiraswasta. 

Dari sisi jenis kendaraan yang mendominasi dan terlibat kecelakaan adalah sepeda motor, truk/angkutan barang, mobil penumpang pribadi, dan baru angkutan umum (darat/laut/udara).

3. Jasa Raharja berikan santunan Rp2,15 triliun

Jasa Raharja Berikan Pembekalan Safety Campaign ke Komunitas MekaarAhli waris keluarga korban kecelakaan. Dok: Humas Jasa Raharja

Merespons hal tersebut, Rivan memastikan bahwa Jasa Raharja berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, melakukan inovasi dan transformasi digital, serta pelayanan yang mudah cepat dan tepat.

Hingga November 2021, Jasa Raharja memberikan santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas sebesar Rp2,15 triliun untuk 94.895 korban kecelakaan, dengan rincian 22.731 korban meninggal dunia dan 72.164 korban luka-luka. 

"PT Jasa Raharja yang tergabung grup Holding Perasuransian dan Penjaminan (Indonesia Financial Group/IFG) berkomitmen memberikan pelayanan terbaik, mudah, cepat, dan tepat sebagai perwujudan negara hadir bagi korban kecelakaan alat angkutan umum dan korban kecelakaan lalu lintas jalan," kata Rivan. (WEB)

Baca Juga: HUT ke-61, Dirut Jasa Raharja Targetkan Jadi Akselerator Unggul

Topik:

  • Ezri T Suro
  • Ridho Fauzan
  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya