Buka Peluang Mahasiswa di Dunia Industri, Kementan Gandeng PT Medion

Mewujudkan target 100.000 petani millennial

Jakarta, IDN Times - Penciptaan petani millennial menjadi salah satu program Kementerian Pertanian (Kementan). Hal itu dilakukan agar regenerasi di sektor agraris Indonesia bisa terealisasi, sehingga bisa menciptakan industri yang maju dan modern. 

Berbagai upaya ditempuh Kementan salah satunya melalui jalinan sinergi di bidang edukasi perguruan tinggi. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikan, peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap pertanian harus dilakukan. 

"Salah satu langkah mewujudkan pertanian yang maju, mandiri, dan modern dengan membekali para generasi muda dengan kemampuan teknis dan manajerial bidang pertanian," katanya.

1. Kerjasama dengan pelaku industri

Buka Peluang Mahasiswa di Dunia Industri, Kementan Gandeng PT MedionKepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan, Dedi Nursyamsi. (Dok. Kementerian Pertanian)

Salah satu unit pelaksana teknik pendidikan vokasi Kementan adalah Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari, Papua Barat. Dalam meningkatkan kualitas serta mutu pendidikannya, Polbangtan Manokwari melakukan kerjasama dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dalam mencetak petani millennial yang cerdas, semangat, dan inovatif.

Polbangtan Manokwari menggandeng Industri Farmasi Hewan asli Indonesia yang telah mendunia, PT. Medion, untuk memperkaya wawasan mahasiswa melalui kuliah umum secara daring, pada Kamis (28/1/2021). Direktur Polbangtan Manokwari, Purwanta mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi insan pertanian di dunia industri pertanian. 

“Adanya kedekatan antara PT. Medion dengan Mahasiswa Polbangtan, membuat para mahasiswa melek akan keadaan yang ada di lapangan, lewat kuliah umum, Mahasiswa sudah mendapat bekal terkait penyakit-penyakit viral yang sering dialami unggas seperti Infection Bursal Disease (IBD) atau gumboro, Avian Influenza (AI), Newcastle Disease (ND), Infectious Bronchitis (IB), dan Inclusion Body Hepatitis (IBH),” kata Purwanta.

Selain itu, dengan adanya kegiatan kuliah umum ini, dunia Industri juga mendapat gambaran kesiapan mahasiswa untuk menjadi bagian di dalamnya.

Baca Juga: Buka Peluang dengan DUDI, Kementan Gandeng PT Kawan Lama Sejahtera 

2. Tantangan menjawab kebutuhan industri pertanian

Buka Peluang Mahasiswa di Dunia Industri, Kementan Gandeng PT MedionIlustrasi pertanian (IDN Times/Dokumen)

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengajak seluruh mahasiswa Perguruan Tinggi Vokasi Pertanian, baik Polbangtan maupun Politeknik Enjenering Pertanian Indonesia (PEPI), untuk menjadi penerus pembangunan pertanian Indonesia. 

Menurutnya dengan begitu, lulusan mampu menjawab kebutuhan industri dan siap menjadi bagian dari industri pertanian. 

“Kaum millennial umumnya cerdas, semangat, inovatif, pantang menyerah sampai dengan sukses. Untuk mencapai itu semua pendidikan vokasi perlu terhubung dengan industri-industri,” tutur Dedi.

3. Penerimaan Mahasiswa Baru

Buka Peluang Mahasiswa di Dunia Industri, Kementan Gandeng PT MedionDok. Kementan

Pada tahun ini, Kementan kembali membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) dan Politeknik Enjinering Pertanian Indonesia (PEPI). 

Polbangtan sendiri diluncurkan Kementan pada 2018 sebagai upaya melahirkan kembali tenaga terampil di bidang pertanian yang punya semangat wirausaha. Sedangkan PEPI merupakan politeknik enjiniring pertanian pertama di Indonesia. Didirikannya lembaga pendidikan itu untuk menghasilkan tenaga-tenaga terampil di bidang pengembangan teknologi mesin pertanian. 

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan, Dedi Nursyamsi mengatakan, proses seleksi akan menyesuaikan dengan adaptasi kebiasaan baru mengingat pandemic COVID-19 belum berakhir. Ia berharap, agar pihaknya bisa mencetak SDM pertanian unggulan yang mampu menjadi qualified job creators dan qualified job seekers dalam bidang pertanian. 

Untuk proses penerimaan mahasiswa baru, dapat mengunjungi situs yang dimiliki oleh setiap Polbangtan dan PEPI yang ada di Indonesia. (CSC)

Baca Juga: Kementan Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Polbangtan dan PEPI

Topik:

  • Ridho Fauzan
  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya