Pemdakab Bogor Ikuti Bazar UMKM di Event SME Creative Festival

Berkolaborasi dengan PT Angkasa Pura II

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Bogor berpartisipasi di bazar produk UMKM pada event SME Creative Festival yang berlangsung di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, Senin (10/4/2023).

Hal ini merupakan buah kolaborasi antara Pemdakab Bogor dengan PT. Angkasa Pura II dalam pengembangan UMKM yang telah berlangsung sejak 2022. Sebelumnya, 44 UMKM Kabupaten Bogor diikutsertakan dalam event Travelin Fest di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Kemudian 11 UMKM juga masuk program pendanaan usaha mikro dan usaha kecil dari PT. Angkasa Pura dan kini diikutkan kembali dalam event di tahun 2023.

Mewakili Plt Bupati Bogor, Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bogor Didi Kurnia berharap UMKM bisa semakin maju dan berdaya saing, sehingga ke depannya akan semakin banyak produk IKM dan UMKM yang bisa menembus pasar mancanegara.

"Produk-produk yang ditampilkan di gerai ini telah menempuh proses kurasi ketat dan selektif untuk memastikan kualitasnya memenuhi standar mutu sesuai tujuan kita untuk UMKM Go Global," katanya. 

1. Sekaligus promosikan potensi pariwisata dan budaya Kabupaten Bogor

Pemdakab Bogor Ikuti Bazar UMKM di Event SME Creative FestivalIlustrasi Pelaku UMKM memamerkan produknya di pameran UMKM. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Melalui event tersebut diharapkan pula dapat mempromosikan pariwisata, keindahan dan budaya Kabupaten Bogor. Ia pun mengapresiasi PT Angkasa Pura yang telah bekerja sama dan mendukung produk UMKM Kabupaten Bogor untuk terus berkembang.

"Alhamdulillah ada beberapa pelaku UMKM yang mendapatkan pinjaman untuk permodalan dari Angkasa Pura. Kami sangat bersyukur atas kerja sama dengan Angkasa Pura," ucap Didi Kurnia.

Ia pun menjelaskan, Pemdakab Bogor melalui dinas teknis terkait terus berupaya memberikan dukungan dan pendampingan bagi industri kecil menengah agar mampu meningkatkan level bisnisnya. 

"Melalui fasilitas pendampingan perizinan, maka hadir di sini DPMPTSP. Kemudian melalui fasilitasi pendampingan produk, kemasan, sertifikasi dan sebagainya," ujarnya.

Baca Juga: Jabar Optimistis Bisa Menjadi Provinsi Pertama Bebas Polio

2. Dukung kemajuan UMKM

Pemdakab Bogor Ikuti Bazar UMKM di Event SME Creative FestivalIlustrasi pelaku UMKM. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor Asep Mulyana Sudrajat menambahkan, bazaar ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas produk UMKM yang lebih baik dan memiliki daya saing sehingga berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi kreatif.

Menurutnya, bazaar juga membantu mempromosikan para pelaku UMKM Kabupaten Bogor. Dengan promosi yang efektif dan lokasi yang strategis dapat berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bogor.

"Serta meningkatkan produktivitas dan memperkenalkan produk kreatif para pelaku usaha kecil mikro dan menengah di Kabupaten Bogor. Dengan mengikuti bazaar ini produk UMKM dan E-craft Kabupaten Bogor akan memperluas pangsa pasar," katanya.

3. UMKM topang perekonomian Indonesia

Pemdakab Bogor Ikuti Bazar UMKM di Event SME Creative FestivalPelaku UMKM sedang mempelajari pembayaran secara digitalisasi di pameran UMKM Gayeng 2022 di Mal Paragon Semarang. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Direktur Human Capital Angkasa Pura II Ajar Setiadi mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk membantu UMKM karena UMKM merupakan penopang perekonomian paling kuat di Indonesia

"Kegiatan ini akan terus berlangsung sampai Agustus mendatang, mungkin nanti akan ada di Sarinah juga. Kita akan berkolaborasi dari berbagai macam daerah, walaupun tidak terjual di sini paling tidak pengunjung bisa mengenal berbagai UMKM di sini," ucapnya. (WEB)

Baca Juga: 25 Tempat Wisata di Bogor 2023, Cocok untuk Liburan Keluarga

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya