Pemkab Kediri Prioritaskan Bangun Dua Jembatan 

Jembatan Ngadi dan Jongbiru

Jakarta, IDN Times - Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramono mengatakan bahwa pihaknya memprioritaskan pembangunan dua jembatan konektivitas antar wilayah. Jembatan tersebut adalah jembatan Ngadi di Kecamatan Mojo, dan jembatan Jongbiru di Kecamatan Gampengrejo.

Hanindhito menjelaskan, kedua jembatan ini rencananya akan mulai dibangun pada tahun ini. Menurutnya, jembatan tersebut memiliki fungsi yang sangat penting sebagai penghubung antar wilayah yang telah lama tak kunjung ada perbaikan.

“Pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten Kediri akan fokus pada jembatan yang memiliki nilai konektivitas dan akan menambah value edit,” kata Mas Dhito, sapaan akrabnya, usai melakukan koordinasi dengan Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur di Pendopo Panjalu Jayati, Senin (7/3/2022).

1. Pembangunan jembatan Ngadi habiskan dana Rp10,5 M

Pemkab Kediri Prioritaskan Bangun Dua Jembatan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana. (Dok. Pemkab Kediri)

Di antara dua jembatan ini, kata Mas Dhito, akan dibangun terlebih dahulu jembatan Ngadi yang sudah 5 tahun mengalami kerusakan. Saat ini, jembatan tersebut telah dibangun jembatan darurat oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada 2017 lalu. 

Mas Dhito menyebutkan, pembangunan jembatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tulungagung tersebut akan menghabiskan Rp10,5 miliar dan rencananya akan dimulai pembangunannya tahun ini.

Baca Juga: Atasi Minyak Langka, Bupati Kediri Gelontorkan Minyak bagi Pedagang

2. Ditargetkan selesai pada Desember tahun ini

Pemkab Kediri Prioritaskan Bangun Dua Jembatan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana. (Dok. Pemkab Kediri)

Selain itu, orang nomor satu di Kabupaten Kediri ini juga menerangkan bahwa pihaknya terus menjalin koordinasi dengan dinas terkait untuk pembangunan jembatan Ngadi tersebut.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Ketua DPRD juga Kepala PUPR Kabupaten Kediri, kita selesaikan dulu Jembatan Ngadi. Kemudian kita komunikasikan dengan Provinsi untuk (pembangunan) jembatan Mrican (jembatan Jong Biru),” tuturnya.

Untuk diketahui, Jembatan Ngadi ini memiliki panjang bentang 47 meter dengan lebar 8 meter. Pembangunan jembatan yang berdiri di atas Sungai Catut ini ditargetkan selesai paling cepat pada Desember tahun ini. 

3. Masuki tahap proses tender

Pemkab Kediri Prioritaskan Bangun Dua Jembatan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana. (Dok. Pemkab Kediri)

Terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Irwan Chandra, menyebutkan bahwa pada bulan ini pembangunan Jembatan Ngadi masuki tahap proses tender. Kemudian pada April setelah proses tender selesai, pembangunan jembatan Ngadi akan langsung dilaksanakan.  

“Sekarang proses tender, kalau tidak ada kendala satu bulan lagi bisa pelaksanaan konstruksinya,” terangnya. 

Sedangkan untuk jembatan Jongbiru, lanjut Irwan, untuk tahun ini pihaknya akan fokus dalam pelebaran dan pembebasan lahan di area jembatan tersebut. Dilanjutkan di tahun depan untuk pengerjaan konstruksi bawah jembatan. (WEB)

Baca Juga: Begini Gebrakan Pemkab Kediri Cegah Tindak Pidana Korupsi 

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya