Kembangkan Pertanian di Pangkep, Kementan Ajak Manfaatkan KUR

Bisa dibayar setelah panen atau dicicil

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pertanian (Kementan) mengajak Kabupaten Pangkep, Makassar untuk memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam usaha mengembangkan sektor pertanian.

Ajakan tersebut disampaikan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, saat bertemu Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau, di kampus Universitas Islam Negeri Makassar, Senin (5/7/2021).

1. Membantu permodalan

Kembangkan Pertanian di Pangkep, Kementan Ajak Manfaatkan KURMentan Syahrul Yasin Limpo mencoba menggunakan alsintan. (Dok. Kementan)

Pada kesempatan itu, Mentan sempat menyinggung jika pihaknya siap membantu pengembangan sektor pertanian dengan membantu para petani melalui mekanisme KUR.

"KUR akan sangat membantu pengembangan pertanian, khususnya untuk membantu permodalan. Makanya kita dorong petani untuk memanfaatkan program ini," tutur Mentan Syahrul.

Baca Juga: Kementan Apresiasi Dispaperta Batang Sarankan Petani Ikut Program AUTP

2. Bunga yang sangat rendah

Kembangkan Pertanian di Pangkep, Kementan Ajak Manfaatkan KURLahan pertanian karo (IDN Times/ist)

Sementara itu Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Ali Jamil memperkuat pernyataan Mentan Syahrul sebelumnya. Ia menilai, dengan mengikuti program KUR petani akan difasilitasi untuk mendapatkan modal, khususnya dengan Himabara.

"Dengan KUR ini kita bantu sisi permodalan bagi petani untuk mengembangkan usahanya. Sehingga pertanian terus bergulir, dan produktivitas pertanian tidak terganggu," katanya.

Ali menambahkan, KUR yang pada dasarnya bersifat pinjaman, memiliki bunga yang sangat rendah. Pengembaliannya juga bisa dicicil atau dibayar setelah panen. 

"Tentunya petani tidak perlu khawatir, karena bunga pinjaman KUR sangat rendah. Selain itu, pengembalian bisa dicicil atau setelah panen, sehingga petani tidak akan dibebani," ujarnya.

3. Dimanfaatkan untuk berbagai sektor

Kembangkan Pertanian di Pangkep, Kementan Ajak Manfaatkan KURFoto di udara irigasi pertanian di areal pesawahan Purbaratu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. (Dok. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Direktur Pembiayaan Ditjen PSP Kementerian Pertanian, Indah Megahwati, menjelaskan jika KUR bisa dimanfaatkan untuk berbagai sektor.

"Dari olah lahan, hingga ke pasca panen, bahkan untuk packaging. Sehingga nilai produk pertanian bisa ditingkatkan dan pendapatan petani bisa meningkat," katanya. (WEB)

Baca Juga: Antisipasi Gagal Panen, Kementan Ajak Petani Manfaatkan AUTP

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya