Pluang Dorong Peran Generasi Muda Jadi Agen Perubahan di KTT Y20 

KTT Y20 akan menghasilkan rekomendasi kebijakan

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, dan Dian Triansyah Djani selaku Co-Sherpa G20 Indonesia telah resmi membuka Kick Off Meeting Y20 secara virtual, Sabtu (19/2/2022).

Sebagai salah satu Engagement Group dari G20, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Youth 20 (Y20) akan menghasilkan beberapa rekomendasi kebijakan yang disebut Komunike Y20. Nantinya rekomendasi tersebut akan diberikan kepada para pemimpin negara G20 pada saat penutupan Y20 yang akan dilaksanakan di Bandung pada Juli mendatang. 

Acara ini merupakan pembuka KTT Y20 2022 yang mempertemukan para delegasi Y20 dari seluruh negara anggota G20 untuk pertama kalinya, sekaligus menjadi forum diskusi bagi para delegasi untuk membahas empat isu prioritas yaitu Ketenagakerjaan Pemuda, Transformasi Digital, Planet yang Berkelanjutan dan Layak Huni, serta Keberagaman dan Inklusi.

1. Generasi muda merupakan agen perubahan

Pluang Dorong Peran Generasi Muda Jadi Agen Perubahan di KTT Y20 Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat membuka Kick Off Meeting Y20 secara virtual, Sabtu (19/2/2022). (Dok. Pluang)

Dalam pidatonya, Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa sebagai forum para pemimpin masa depan, Y20 diharapkan dapat mendukung G20 dalam memperkuat sosial dan ekonomi antar negara anggota dalam rangka pemulihan bersama, memastikan kebijakan yang memungkinkan pertumbuhan yang inklusif, kuat dan berkelanjutan.

“Pemuda adalah agen perubahan karena mereka paling adaptif terhadap perkembangan, melahirkan ide-ide inovatif dan cepat berinteraksi dengan keunggulan teknologi,” ujar Airlangga.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali turut mendukung semua kegiatan dan inisiatif yang digagas oleh para pemuda. Menurutnya, pemikiran dan ide kreatif akan membantu generasi muda untuk tumbuh dan bertahan dalam situasi pandemik saat ini.

Baca Juga: Saham AS Jadi Aset Strategis, Pluang Luncurkan Produk CFD 

2. Pemuda punya andil dalam upaya pemulihan dari pandemik

Pluang Dorong Peran Generasi Muda Jadi Agen Perubahan di KTT Y20 Duta Besar dan Utusan Tetap RI untuk PBB di New York sekaligus Co-Sherpa G20 Indonesia, Dian Triansyah Djani saat menghadiri Kick Off Meeting Y20 secara virtual, Sabtu (19/2/2022). (Dok. Pluang)

Masih dalam kesempatan yang sama, Duta Besar dan Utusan Tetap RI untuk PBB di New York sekaligus Co-Sherpa G20 Indonesia, Dian Triansyah Djani juga menyatakan bahwa Y20 merupakan sarana diskusi bagi generasi muda untuk memperjuangkan exit strategy dari krisis pandemik yang telah melumpuhkan ekonomi global.

“Y20 merupakan sebuah sarana diskusi bagi para pemuda di seluruh dunia yang dibagi menjadi beberapa topik. Diharapkan dari hasil diskusi tersebut, tercipta gagasan-gagasan yang dapat dijadikan landasan serta solusi dari segala permasalahan yang melanda dunia”, tutur Trian.

Co-Chair Y20 Indonesia 2022, Rahayu Saraswati menambahkan bahwa tahun ini Y20 Indonesia mengusung tema “Dari Pemulihan ke Resiliensi: Membangun Kembali Agenda Pemuda Pasca COVID-19”. Ia menilai tema ini sejalan dengan tema G20, yakni #RecoverStronger, dan #RecoverTogether.

“Selama dua tahun terakhir, kita telah dihadapkan dengan tantangan yang tidak pernah kita hadapi sebelumnya dalam hidup kita, namun kekuatan kita dalam empati, kreativitas, inovasi dan ketahanan telah membawa kita sejauh ini. Tidak ada yang bisa memungkiri bahwa pemuda/i memiliki andil besar dalam upaya pemulihan dari pandemik”, kata Sara.

3. Indonesian Youth Diplomacy (IYD) jadi tuan rumah KTT Y20

Pluang Dorong Peran Generasi Muda Jadi Agen Perubahan di KTT Y20 Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, saat menghadiri Kick Off Meeting Y20 secara virtual, Sabtu (19/2/2022). (Dok. Pluang)

Sebagai informasi, Indonesian Youth Diplomacy (IYD) menjadi tuan rumah resmi untuk KTT Y20 Indonesia 2022 sesuai surat keputusan dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. IYD yang juga merupakan Focal Point bidang Kepemudaan untuk Sherpa G20 Republik Indonesia ini, telah melakukan rekrutmen delegasi Indonesia untuk KTT Y20 sejak 2010.

Ketua IYD, sekaligus Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Michael Victor Sianipar menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan seluruh pihak yang sudah mendukung terlaksananya KTT Y20 2022. Pada kesempatan sesi Troika Panel Talk Show, pria yang akrab disapa Mike ini mengajak seluruh delegasi Y20 untuk berpikir tentang perubahan nyata dan kontinuitas.

“Saya berharap dapat bekerja sama untuk memastikan bahwa apa yang didiskusikan dan diputuskan pada KTT Y20 tahun ini akan memberikan dampak yang signifikan,” ujarnya.

4. Libatkan beberapa perusahaan rintisan Indonesia

Pluang Dorong Peran Generasi Muda Jadi Agen Perubahan di KTT Y20 Aplikasi Pluang. (Dok. Pluang) 

Mike juga sempat mengatakan bahwa KTT Y20 nantinya akan membahas segala aspek perkembangan teknologi di negara-negara lainnya termasuk negara berkembang. Ia pun menjelaskan, acara ini akan melibatkan para perusahaan rintisan yang ada di Indonesia. Salah satu startup yang hadir dari industri fintech adalah Pluang.

Pluang merupakan salah satu perusahaan rintisan karya anak bangsa yang memiliki visi untuk membuka akses seluas-luasnya bagi para generasi muda untuk dapat berinvestasi melalui diversifikasi kelas aset dan mengedepankan pendidikan finansial.

Wilson Andrew selaku VP External Affairs Pluang dan Kartika Dewi sebagai Head of Corporate Communications Pluang mengatakan, bahwa dengan memperluas cakupan aset investasi, Pluang dapat mendukung program pemerintah dalam mendorong tingkat inklusi dan literasi keuangan di tanah air.

Sebagai salah satu official partner Y20 Indonesia 2022, Pluang juga mendorong partisipasi dari kalangan anak muda Indonesia untuk menjadi agen perubahan dunia. Saat ini terdapat 64,5 juta jiwa anak muda di Indonesia, atau sekitar 24,5 persen dari populasi anak muda di seluruh dunia, yang berpotensi untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu pemain utama di sektor ekonomi digital global.

5. Mengembangkan ekonomi digital

Pluang Dorong Peran Generasi Muda Jadi Agen Perubahan di KTT Y20 Konferensi pers KTT Y20 Indonesia 2022. (Dok. idxchannel.com)

Transformasi digital menjadi topik yang sering diangkat Indonesia dalam berbagai perundingan internasional. Perundingan di forum KTT Y20 Indonesia 2022 sendiri dinilai akan memberikan peluang bagi Indonesia untuk mengedepankan kepentingan domestik dan legitimasi internasional.

Komitmen G20 yang cukup besar, khususnya dalam Y20, dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan ekonomi digital Indonesia, serta menjalin kerja sama dalam membuka akses pasar internasional bagi pelaku usaha domestik.

Dalam forum ini, negara-negara mitra perundingan juga memiliki kapasitas posisi tawar dan sumber daya negosiasi yang beragam. Kemampuan Indonesia dalam mengembangkan instrumen negosiasi sebagai kekuatan penekan maupun insentif pun menjadi modal perundingan yang perlu diperkuat. (WEB)

Baca Juga: Co-Founder Pluang: CFD Saham AS Jadi Aset Strategis bagi Investor

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya