Dukung Reformasi Birokrasi, Sekjen Kemnaker Sambangi BLK Makassar

Cetak SDM unggul di wilayah Indonesia Timur

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Anwar Sanusi, mengunjungi Balai Latihan Kerja (BLK) di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Kamis (30/9/2021). 

Anwar menjelaskan, kunjungannya itu dalam rangka mendukung fokus kerja BLK Makassar pada sisi pemerintahan. Sehingga, mampu menghasilkan SDM/ASN ketenagakerjaan yang kompeten, profesional, dan berkeinginan untuk mewujudkan BLK Makassar bisa mencetak SDM unggul di wilayah Indonesia Timur.

1. Sampaikan 3 arahan

Dukung Reformasi Birokrasi, Sekjen Kemnaker Sambangi BLK MakassarIlustrasi Balai Latihan Kerja (BLK). (Dok. Kemnaker)

Didampingi Kepala BLK Makassar, Fitroh Hanrahmawan, Anwar Sanusi dalam arahannya menyampaikan 3 pesan terkait reformasi birokrasi kepada pegawai di lingkungan BLK Makassar. 

Pertama, agar pegawai BLK bisa menciptakan birokrasi yang bersih, dan bebas KKN. Kedua, birokrasi yang berdaya, yakni memiliki kemampuan untuk meningkatkan kapasitas SDM yang kompeten. 

"Salah satunya melalui peningkatan kemampuan kapasitas bagi tenaga instruktur, di mana Menteri Ida Fauziyah yang merupakan salah satu dewan penyantun LPDP, sangat fokus dalam pengembangan kapasitas instruktur yang ada di BLK di seluruh Indonesia," ungkap Anwar.

Kemudian ketiga, peningkatan Pelayanan publik yakni pelayanan yang prima sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat. 

Baca Juga: Kemnaker Perkuat Komitmen Ketenagakerjaan bagi Disabilitas di Daerah

2. BLK Makassar layak bertransformasi

Dukung Reformasi Birokrasi, Sekjen Kemnaker Sambangi BLK MakassarIlustrasi Balai Latihan Kerja (BLK). (Dok. Kemnaker)

Anwar juga menjelaskan bahwa dalam status perkembangan peningkatan status BLK Makassar menjadi Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja, hingga saat ini pihaknya terus mendiskusikan bersama dengan Kemenpan-RB.

Ia menilai, sudah selayaknya BLK Makassar ini bertransformasi melihat kebutuhan peningkatan SDM kompeten untuk wilayah Indonesia timur yang memang sangat diperlukan. 

3. Menjaga etos kerja dan integritas

Dukung Reformasi Birokrasi, Sekjen Kemnaker Sambangi BLK MakassarSekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Anwar Sanusi, menyambangi BLK Makassar, Sulawesi Selatan, pada Kamis (30/9/2021). (Dok. Kemnaker)

Ia pun berpesan kepada seluruh pegawai di lingkungan BLK Makassar, agar terus menjaga rasa kebersamaan, etos kerja, profesionalisme, dan integritas yang tinggi dalam bekerja.

"Serta terus menggali potensi SDM pegawai yang ada salah satunya melalui saling berbagi pengetauhan satu sama lain," ujar Anwar. (WEB)

Baca Juga: Kemnaker Ajak Tingkatkan Kerja Sama Ketenagakerjaan   

Topik:

  • Ridho Fauzan
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya