Capres 2024? Prabowo: Gak Harus Saya, Bisa Siapa saja

Prabowo mengindikasikan tidak maju pada Pilpres 2024

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto mengindikasikan dirinya tidak akan maju menjadi calon presiden (capres) dalam Pemilu 2024 mendatang. Hal itu disampaikan Prabowo ketika ditanya kriteria ideal capres pada Pemilu 2024 nanti.

"Ya gak harus Prabowo, siapa saja. Jadi gini ya, saya ini belajar dari sejarah. Jadi dalam suatu republik yang baik adalah kewajiban setiap warga negara yang mampu fisik, intelek, jasmani, dan kondisi ekonomi dirinya dan keluarganya wajib untuk menawarkan diri kepada negara dan bangsa," tutur Prabowo, di Kantor Nasdem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (1/6/2022).

Baca Juga: Siapa Capres NasDem di Pilpres 2024, Begini Analisis Pakar Politik

1. Anak muda wajib maju jadi capres

Capres 2024? Prabowo: Gak Harus Saya, Bisa Siapa sajaKetua Umum Gerindra, Prabowo Subianto tiba di Kantor DPP Nasdem di Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (1/6/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Alih-alih dirinya, Prabowo justru menginginkan adanya figur anak muda yang bisa menawarkan diri menjadi pemimpin Republik Indonesia.

"Nah ini yang kita ingin budayakan, anak-anak muda. Kita mau ingin nanti anak-anak muda yangharus berani menawarkan diri untuk mengabdi kepada negara dan bangsa," ucap Menteri Pertahanan tersebut.

Baca Juga: Bertamu ke NasDem, Prabowo Sebut Kriteria Capres Menurut Gerindra

2. Kriteria capres versi Prabowo

Capres 2024? Prabowo: Gak Harus Saya, Bisa Siapa sajaKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Prabowo pun menyampaikan kriteria capres yang ideal untuk memimpin RI di masa depan. Sosok tersebut yang pasti harus Warga Negara Indonesia (WNI) dan sehat secara jasmani serta rohani.

"Intinya saya kira kita harus ada sosok yang sungguh-sungguh komit dan setia kepada Pancasila dan UUD 1945 seutuhnya. Tidak sebagai mantra, tapi seutuhnya. Saya kira itu kriteria yang paling penting dan kalau bisa yang berpengalaman," papar dia.

Baca Juga: Daftar Nama yang Masuk Bursa Capres Versi PAN untuk KIB

3. Prabowo buka sinyal berkoalisi dengan Nasdem

Capres 2024? Prabowo: Gak Harus Saya, Bisa Siapa sajaKetua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh saat ditemui usai berdiskusi bersama di Kantor DPP Nasdem di Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (1/5/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Berkaitan dengan Pemilu 2024 mendatang, Prabowo membuka sinyal untuk bisa berkoalisi dengan Partai Nasdem. Prabowo mengaku memiliki banyak kesamaan dengan Ketum Nasdem, Surya Paloh.

Menurutnya, Surya Paloh dan dirinya memiliki banyak kesamaan. Pertama, sama-sama menyukai sejarah. Kemudian sama-sama mengkoleksi patung pahlawan dan sama-sama mengagumi Mahatma Gandhi dan Nelson Mandela.

“Saya lihat beliau suka dengan tokoh-tokoh revolusioner, tokoh-tokoh yang selalu membela rakyat. Mungkin karena kita mirip, kita sama-sama Libra, sama-sama Oktober,” kata Prabowo.

Kendati memiliki banyak kesamaan, Prabowo mengatakan sejauh ini belum mendeklarasikan koalisi. Menurutnya perlu banyak pertimbangan dalam membangun koalisi dengan parpol lain.

Dia juga menjelaskan meski bersahabat dengan Surya Paloh, dirinya tidak bisa serta-merta langsung bertindak untuk membangun koalisi. Pasalnya, koalisi perlu dibangun atas dasar kesamaan visi misi anggota.

“Beliau pemimpin partai, saya pemimpi partai. Kita kan gak bisa asal bertindak karena kita teman kita atur sendiri-sendiri. Kan gak bisa,” kata Prabowo.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya