KH Ali Yafie Wafat, Sempat Jadi Rais Aam PBNU dan Ketua MUI

KH Ali Yafie wafat pada Sabtu (25/2/2023) di Tangsel

Jakarta, IDN Times - Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 1991-1992 dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat periode 1990-2000, KH Ali Yafie wafat pada Sabtu (25/2/2023) malam.

Ulama sekaligus ahli fiqih berusia 96 tahun tersebut mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Premier Bintaro, Tangerang Selatan, sekitar pukul 22.13 WIB.

"Iya, ayahanda Kiai Ali Yafie telah berpulang ke rahmatullah pukul 22.13 di RS Premier Bintaro," ucap putra Kiai Ali Yafie, Helmy Ali seperti dikutip dari situs resmi NU Online, Minggu (26/2/2023).

Baca Juga: [WANSUS] KETUM PBNU: Pemilu Bukan Pertarungan Iblis Lawan Malaikat

1. Bakal dimakamkan di Tanah Kusir

KH Ali Yafie Wafat, Sempat Jadi Rais Aam PBNU dan Ketua MUIIlustrasi mobil Jenazah. (IDN Times/Aldila Muharma-Fiqih Damarjati)

Jenazah Kiai Ali Yafie saat ini disemayamkan di rumah duka yang beralamat di Komplek Menteng Residence, Jalan Menteng V Blok FC 5 Nomor 12 Sektor 7 Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.

Menurut rencana, jenazah Kiai Ali Yafie akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir hari ini selepas salat zuhur.

Baca Juga: Profil PKB, Parpol Bentukan Gus Dur dan Kiai-Kiai atas Usulan Warga NU

2. Penyebab meninggalnya Kiai Ali Yafie

KH Ali Yafie Wafat, Sempat Jadi Rais Aam PBNU dan Ketua MUIIlustrasi rumah sakit. IDN Times/Asrhawi Muin

Sebelum berpulang, Kiai Ali Yafie mendapatkan perawatan intensif di RS Premier Bintaro selama dua pekan. Hal itu dilakukan lantaran gangguan pernapasan yang dideritanya.

Mengutip NU Online, dokter yang merawat Kiai Ali Yafie menemukan adanya cairan di dalam paru-paru dan flek di jantung ulama kelahiran Donggala, Sulawesi Tengah tersebut.

Hal itu membuat Kiai Ali Yafie mesti dirawat secara intensif dengan menggunakan alat bantu pernapasan lengkap.

Baca Juga: Jusuf Kalla Ingatkan Identitas Partai Tidak Boleh Dipasang di Masjid

3. Dijenguk banyak tokoh nasional

KH Ali Yafie Wafat, Sempat Jadi Rais Aam PBNU dan Ketua MUIMantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Selama waktu perawatannya di rumah sakit, Kiai Ali Yafie dikunjungi oleh banyak tokoh nasional. Pada Selasa (14/2/2023), Ulama Tafsir Indonesia Prof Quraish Shihab bersama keluarganya, Alwi Shihab dan Nizar Shihab diketahui menjenguk Kiai Ali Yafie.

Kemudian, pada hari yang sama, Kiai Ali Yafie mendapatkan kunjungan dari Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf. Lalu keesokan harinya pada Rabu (15/2/2023), Ketua PBNU Alissa Qotrunnada Munawaroh menjenguk Kiai Ali Yafie.

Lalu pada Kamis (16/2/2023), Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin juga menjenguk Kiai Ali Yafie.

Sementara itu, mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) juga melakukan kunjungan sebelum Kiai Ali Yafie wafat.

"Sekitar sejam sebelumnya sudah dalam kritis, Pak JK sempat menjenguk," ucap Helmy.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya