WHO Umumkan Varian Baru COVID-19 yang Lebih Ganas, Luhut: Kita Waspada

Luhut berkomitmen untuk terus bekerja mengakhiri pandemik

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengaku mewaspadai kemungkinan kemunculan varian baru virus corona yang diklaim lebih ganas.

"WHO sudah mengumumkan beberapa hari lalu kemungkinan varian baru yang akan muncul dengan tingkat penularan yang lebih cepat dan infeksi lebih kuat. Nah kita masih menghadapi ancaman ke depan," kata Luhut, saat memberikan sambutan dalam Peresmian RSPJ Extensi Arafah Asrama Haji Embarkasi Jakarta, Senin (19/7/2021).

Baca Juga: PPKM Darurat Diperpanjang? Luhut: Diumumkan 2-3 Hari Lagi

1. Tidak ada lagi waktu untuk berdebat

WHO Umumkan Varian Baru COVID-19 yang Lebih Ganas, Luhut: Kita WaspadaLuhut Binsar Pandjaitan. (IDN Times/Aryodamar)

Oleh karena itu, alih-alih menghabiskan tenaga untuk berdebat, Luhut mengaku bakal fokus untuk menghadapi segala kemungkinan terburuk yang bisa terjadi ke depannya.

"Kita tidak bisa habiskan waktu kita berdebat sana sini, tapi yang penting kita bekerja untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan terburuk ke depan ini," kata Luhut.

2. Luhut ajak masyarakat bergotong royong menghadapi COVID-19

WHO Umumkan Varian Baru COVID-19 yang Lebih Ganas, Luhut: Kita WaspadaLuhut Binsar Pandjaitan. (maritim.go.id)

Luhut yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) pun kemudian mengajak segenap masyarakat untuk bersama-sama melawan COVID-19. Pemerintah diakui Luhut tidak bisa bergerak sendirian untuk mengakhiri pandemik yang telah berlangsung sejak awal tahun lalu.

"Mari kita terus bersinergi dan gotong royong untuk menghadapi pandemik COVID-19 ini karena kita tidak dapat menghadapi 'musuh yang tidak terlihat' ini sendiri," ucap dia.

Baca Juga: PPKM Darurat Belum Optimal, Luhut: Saya Minta Maaf

3. Luhut minta jangan ada lagi yang mencari salah dan benar

WHO Umumkan Varian Baru COVID-19 yang Lebih Ganas, Luhut: Kita WaspadaMenko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

Masyarakat dan pemerintah, lanjut Luhut, harus kompak dalam bersinergi menghadapi seluruh varian COVID-19 yang ada saat ini dan di masa akan datang.

"Kebersamaan, solidaritas, persatuan, dan perubahan perilaku adalah
kunci dalam menghadapi krisis ini. Kita harus kompak dan tidak mencari siapa salah, siapa benar, siapa yang paling berprestasi, dan siapa yang tidak, semuanya adalah kerja tim," tuturnya.

Baca Juga: Luhut: Minta Warga Kompak Lawan COVID-19, Tak Ada yang Paling Hebat

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya