Bantu UKM di Era Digital, Facebook Gelar Laju Digital di Yogyakarta

Saatnya para pelaku usaha untuk go online!

Yogyakarta, IDN Times - Facebook merupakan raksasa dunia teknologi yang memberikan kemudahan untuk saling terhubung dengan orang lain. Kali ini dalam acaranya yang bertajuk Laju Digital, Facebook melakukan kampanye yang bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada pelaku usaha kecil menengah (UKM) maupun komunitas di Yogyakarta agar bisa sukses di era digital yang serba cepat dan mudah ini. Yuk simak seperti apa kampanye yang diberikan Facebook ini!

Menggandeng para pelaku bisnis Yogyakarta

Bantu UKM di Era Digital, Facebook Gelar Laju Digital di YogyakartaIDN Times/Rijalu Ahimsa

Yogyakarta merupakan kota keempat dari serangkaian kota yang dikunjungi Facebook dalam kampanye Laju Digital ini. Tepatnya 24 Oktober 2018, banyak pelaku usaha dan komunitas hadir di MICC Alana Hotel & Convention Centre Yogyakarta.

Facebook menggandeng para pelaku bisnis Yogyakarta yang mengisi kampanye ini di antaranya Yoyok Rubiantoro yang merupakan chairman Zetira.id, Rifki Ali Hamidi yang merupakan pendiri Busana Mandiri Corporation dan Rizki Akbar yang merupakan perintis idphotobook. Ketiga pelaku bisnis ini melakukan sharing kepada rekan-rekan media yang menghadiri kampanye ini.

Bagi ketiga narasumber, Facebook merupakan pilihan tepat untuk bersaing dalam era digital

Bantu UKM di Era Digital, Facebook Gelar Laju Digital di YogyakartaIDN Times/RIjalu Ahimsa

Pelaku bisnis tidak akan bisa tetap hidup jika tidak mengikuti perkembangan zaman, Rizki Akbar yang merupakan perintis idphotobook yaitu jasa cetak foto kekinian pun merasakannya. Bisnisnya yang awalnya hanya offline di tahun 2002 lalu, mau tak mau harus mengikuti perkembangan zaman untuk menjadikan bisnisnya online sehingga idphotobook tidak kehilangan pelanggan.

Begitu juga dengan Rifki Ali Hamidi yang merupakan pendiri Busana Mandiri Corporation, ia memberdayakan para pengrajin pakaian di daerah Kulon Progo agar bisa maju bersama dengan memanfaatkan platform online melalui Facebook dan Instagram. Sehingga tidak hanya bisnis baju batik milenialnya jalan namun juga bisa menghidupi para pengrajin pakaian di tempat tinggalnya.

Sedangkan Yoyok Rubiantoro yang merupakan pemilik web ecommerce Zetira.id bangga dengan produk lokal daerah Bantul yaitu tas kulit yang dapat dijualnya dengan harga berkali-kali lipat diluar negeri dengan bantuan Facebook Ads hingga menghasilkan revenue milyaran rupiah.

Harapan mereka bertiga adalah para UKM dan komunitas khususnya di wilayah Jogja bisa saling bahu-membahu agar kuat melawan gempuran persaingan global melalui platform online seperti Facebook.

Komitmen Facebook membantu UKM dan komunitas di seluruh wilayah Indonesia

Bantu UKM di Era Digital, Facebook Gelar Laju Digital di YogyakartaIDN Times/Rijalu Ahimsa

Ferdy Nandes, Head of Emerging Business and SMB Indonesia and Philippines mengatakan bahwa Facebook berkomitmen akan membantu UKM dan komunitas seluruh Indonesia tanpa dipungut biaya dengan berbagai tingkat keterampilan digital yang berbeda.

Kampanye Laju Digital pun akan masih berlangsung di kota-kota seperti Mataram Nusa Tenggara Barat hingga Manokwari Papua Barat.

Facebook akan membantu para pencari kerja untuk mengoptimalkan pemakaian media sosial seperti Facebook dan Instagram serta memberikan pelatihan keterampilan digital seperti mengolah foto dan video.

Bagi pemilik usaha kecil, Facebook berkomitmen akan membantu wirausaha menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi melalui pelatihan dengan platform Facebook dan Whatsapp yang sudah terbukti dapat meningkatkan penjualan.

Sedangkan bagi komunitas Indonesia, Facebook akan memberikan pelatihan literasi digital dan materi keamanan online sehingga para pengguna platform online dapat memiliki kemampuan berpikir kritis dan berempati terhadap sesama pengguna platform online.

Menarik banget ya kampanye Facebook kali ini? Yuk, jangan lupa ikutan saat Laju Digital datang ke kotamu!

Baca Juga: Pencurian Data Facebook Terjadi Lagi, Cek Apakah Kamu Jadi Korbannya!

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya