Detik-detik Tenggelamnya KM Usaha Baru di Mimika, 11 Orang Hilang

Kapal tabrak gundukan pasir dan dihantam gelombang

Timika, IDN Times - Andreas Ridwan May, seorang anak buah kapal KM Usah Baru mengisahkan detik-detik karamnya kapal nahas tersebut, setelah menabrak gundukan pasir dan dihantam gelombang di perairan Amar, Distrik Mimika Tengah, Mimika, Papua, Rabu, 5 Juli 2022.

Andreas mengisahkan, sekitar pukul 15.00 WIT, kala itu kapal KM Usaha Baru yang berlayar dari Sorong tujuan Timika melintas di perairan Amar. Saat itu, kondisi cuaca buruk membuat kapal tersebut menabrak gundukan pasir atau sering disebut warga setempat dengan reb dan disertai gelombang tinggi, yang membuat kapal tersebut terbalik hingga tenggelam.

"KM Usaha Baru menabrak pasir timbul kemudian dihantam gelombang membuat kapal tenggelam," kata Andreas di dermaga SAR Timika, Jumat (8/7/2022).

1. Terombang-ambing dilaut, baju pelampung dan kayu sebagai penyelamat

Detik-detik Tenggelamnya KM Usaha Baru di Mimika, 11 Orang HilangTim SAR Timika saat mendapat pengarahan dari Kasubsie Operasi SAR Charles Batlajery IDN Times/ Istimewa

Saat kejadian, 7 dari 18 penumpang terhempas ke luar kapal setelah dihantam gelombang. Mereka berusaha menyelamatkan diri menggunakan baju pelampung dan kayu.

Selama kurang lebih 4 sampai 5 jam terombang-ambing di lautan hingga mereka akhirnya bisa tiba di tepian pantai sekitar pukul 19.00 sampai 20.00 WIT.

"Kejadian tenggelamnya kapal itu jam 15.00, kita berenang dan sampai ke darat itu ada yang jam 7 dan jam 8 malam," ungkapnya.

Baca Juga: Menghilang Sejak 2016, Satu Anggota Polres Mimika Papua Diberhentikan

2. Minta pertolongan warga Amar

Detik-detik Tenggelamnya KM Usaha Baru di Mimika, 11 Orang HilangTim SAR gabungan saat mengevakuasi 7 korban KM Usaha Baru ke dermaga SAR Timika IDN Times/ Istimewa

Ketujuh korban tersebut berkumpul, kemudian memutuskan untuk bermalam sampai menunggu pagi agar bisa mendapat pertolongan warga.

"Kita bermalam di pantai sampai pagi sambil menunggu ada warga yang melintas menggunakan perahu, baru kami minta tolong untuk menumpang ke kampung Amar," ujar Andreas.

3. Tim SAR gabungan temukan 7 korban selamat KM Usaha Baru

Detik-detik Tenggelamnya KM Usaha Baru di Mimika, 11 Orang HilangTim SAR gabungan saat mengevakuasi korban KM Usaha Baru ke dermaga SAR Timika IDN Times/ Istimewa

Selama beberapa hari berada di kampung Amar, usai tenggelamnya KM Usaha Baru, tim SAR gabungan akhirnya menemukan mereka berdasarkan laporan dari anggota Koramil 1710-01/ Kokonao.

Hari ini, ketujuh korban dievakuasi ke Timika menggunakan perahu RIB milik Basarnas Timika.

Baca Juga: Kecelakaan Laut di Mimika, 11 Orang Hilang

4. Ini daftar nama 7 korban selamat KM Usaha Baru

Detik-detik Tenggelamnya KM Usaha Baru di Mimika, 11 Orang HilangABK, Andreas Ridwan May saat memberikan penjelasan kepada kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan didampingi Kasubsie Operasi SAR Timika IDN Times/ Istimewa

Daftar nama korban selamat KM Usaha Baru yang berhasil didata tim SAR gabungan, salah satunya bayi berumur 1,5 tahun. Berikut daftar nama korban yang selamat:

1. Ali Wahyudi 40 tahun (laki-laki) 
2. Misya 1,5 tahun (perempuan) 
3. Jamil Reza 27 tahun (laki-laki)
4. Langke 26 tahun (laki-laki) 
5. Suardi 35 tahun (laki-laki) 
6. Andreas 35 tahun (laki-laki) (KKM)
7. Asri 35 tahun (laki-laki).

Sementara, identitas 11 korban hilang sudah dirilis Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, berikut daftar namanya:

1. Nurmina 25 (perempuan) 
2. Ilham 3 tahun (laki-laki) 
3. Rusli 37 thn (laki-laki) 
4. Nurmala 35 (perempuan) 
5. Andis (laki-laki) 
6. Wawan (laki-laki) 
7. Denggau (laki-laki) 
8. Iksan Taufik (laki-laki) 
9. Suherman (laki-laki) 
10. KKM (laki-laki) 
11. Kep (laki-laki). 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya