Lagi, 1 Warga Jadi Korban Penembakan KKB di Nduga Papua

Korban adalah operator alat pemotong kayu

Timika, IDN Times - Polres Nduga dibantu Satgas Damai Cartenz dan TNI berhasil mengevakuasi satu korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Nduga, Papua, tepatnya di tanjakan Adu Mama 2, Distrik Kenyam Kabupaten Nduga, Rabu (20/7/2022) sekitar pukul 02.00 WIT.

“Jenazah (Roy Manampiring, 42 tahun) merupakan salah satu korban pembunuhan pada Sabtu, 16 Juli 2022 oleh pimpinan KKB Egianus Kogoya, tepatnya di tanjakan Adu Mama 2, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Komisi I DPR Minta TNI/Pori Ubah Pola Penanganan KKB Papua

1. Korban tidak mengetahui ada peristiwa pembantaian 10 warga sipil

Lagi, 1 Warga Jadi Korban Penembakan KKB di Nduga Papua(IDN Times/Istimewa)

Kamal menjelaskan, awalnya korban tidak mengetahui kejadian pembunuhan terhadap 10 warga sipil di Kampung Nonggolait, Distrik Kenyam, pada Sabtu, 16 Juli 2022.

Korban berjalan kaki dari camp-nya yang berada di area pembangunan bandara baru menuju ke Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga.

“Menurut informasi dari masyarakat bahwa korban pada saat itu berjalan kaki dari Batas Batu menuju Kenyam dengan beberapa warga, namun dalam perjalanan korban bersama warga bertemu dengan KKB. Sehingga beberapa warga langsung melarikan diri ke hutan dan berpisah dengan korban,” kata Kamal.

2. Korban sering berjalan kaki dari Batas Batu menuju Kenyam

Lagi, 1 Warga Jadi Korban Penembakan KKB di Nduga Papua(IDN Times/Istimewa)

Menurut informasi dari rekan kerjanya, korban sering berjalan kaki dari Batas Batu menuju Kenyam setiap Sabtu. Korban diketahui bekerja sebagai operator mesin potong kayu.

“Hingga saat ini jenazah almarhum Roy Manampiring masih disemayamkan di Puskesmas Kenyam, Nduga, dan rencana siang ini akan diterbangkan ke Mimika,” ungkap Kamal.

Baca Juga: Ini Rentetan Peristiwa Pembantaian Warga Sipil oleh KKB di Papua

3. Jenazah dievakuasi ke Timika

Lagi, 1 Warga Jadi Korban Penembakan KKB di Nduga Papua(IDN Times/Istimewa)

Kamal menambahkan, jenazah Roy Manampiring akan dievakuasi ke Mimika hari ini, jika kondisi cuaca dimungkinkan.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya