Ini Rentetan Peristiwa Pembantaian Warga Sipil oleh KKB di Papua

Jumlah korban mencapai 40-an

Timika, IDN Times - Konflik bersenjata yang terjadi di Papua tidak hanya dari pihak TNI dan Polri yang menjadi korban, tetapi juga masyarakat sipil pun ikut menjadi korban.

Berikut, IDN Times merangkum tiga peristiwa pembantaian KKB pada warga sipil yang menyebabkan puluhan nyawa melayang di bumi Cendrawasih.

Baca Juga: Lampu Merah Cibubur Akan Dievaluasi Imbas Kecelakaan Maut

1. Pembantaian pekerjaan Istaka Karya pada 2018

Ini Rentetan Peristiwa Pembantaian Warga Sipil oleh KKB di PapuaKorban pembantaian KKB bersama keluarga saat dievakuasi ke Timika IDN Times/ dok

Sebanyak 21 pekerja proyek jalan menjadi korban pembantaian pada 2 Desember 2018 di Jalan Trans Papua Wamena-Mbua (Puncak Kabo), sebanyak 21 pekerja tewas dalam dalam peristiwa itu.

Peristiwa itu mengakibatkan 17 karyawan PT. Istaka Karya meninggal dunia, empat orang lainnya belum ditemukan hingga saat ini, sedangkan empat lainnya selamat dalam peristiwa itu.

2. Pembantaian delapan pekerja PT Palapa Timur Telematika pada 2 Maret 2022

Ini Rentetan Peristiwa Pembantaian Warga Sipil oleh KKB di PapuaKorban pembantaian KKB saat dibwa ke ruang jenazah IDN Times/ dok

Nasib nahas juga dialami delapan pekerja jaringan telekomunikasi yang tewas dibantai oleh terduga KKB saat sedang membaiki Tower Base Transceiver Station (BTS) 3 Telkomsel di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Rabu, 2 Maret 2022 dini hari.

Seorang pekerja berhasil selamat dalam peristiwa tersebut, sedangkan lainnya tewas. Korban selamat kemudian menaiki tower yang terdapat CCTV dan  melaporkan kejadian yang dialaminya.

3. Pembantaian 10 warga sipil di Kenyamanan Nduga Papua

Ini Rentetan Peristiwa Pembantaian Warga Sipil oleh KKB di PapuaKorban pembantaian yang selamat saat dievakuasi ke RSUD Mimika IDN Times/ Istimewa

Sebanyak 12 warga sipil menjadi korban pembantaian KKB Nduga setelah dihadang di tengah jalan kemudian dibrondong tembakan dari arah depan.

Sebanyak 10 warga sipil dilaporkan meninggal dalam peristiwa tersebut, sedangkan dua orang lainnya selamat, mereka ditemukan di 4 TKP berbeda.

Sementara itu, pada Minggu, 17 Juli 2022, sebanyak delapan jenazah korban pembantaian KKB Nduga diterbangkan ke kampung halaman. Di antaranya 3 jenazah dikirim ke Kabupaten Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan, 3 jenazah dikirim ke Labuan Bajo Provinsi NTT, 1 jenazah dikirim ke Medan Sumatera Utara dan 1 jenazah dikirim ke Palu Sulawesi Tengah.

Sedangkan 1 korban atas nama Alexander Fauwawan di makamkan di TPU SP1 Mimika, Senin (18/7/2022).

Baca Juga: RS Polri Tunggu Keluarga Korban Tabrakan Maut Cibubur

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya