Ini Momen Peringatan Sumpah Pemuda di Papua

Wamendagri dan TNI Polri kibarkan bendera di bawah laut Jayapura

Timika, IDN Times - Peringatan Sumpah Pemuda ke 94 tahun diwarnai dengan Upacara Bendera di bawah Laut oleh TNI-Polri yang dipimpin langsung Wakil Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, John Wempi Wetipo, Jumat (28/10/2022).

Pengibaran bendera merah putih melibatkan 62 orang yang terdiri dari personel TNI-Polri bersama POSSI (Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia) di Perairan Tanjung Kayu Batu, Kota Jayapura, Papua, pada kedalaman 20 meter.

1. Perbedaan bukan untuk melemahkan melainkan sebuah kekuatan

Ini Momen Peringatan Sumpah Pemuda di PapuaWamendagri bersama tim saat menghormat bendera Merah putih, IDN Times/ Istimewa

Wamendagri John Wempi Wetipo mengatakan, peringatan Hari Sumpah Pemuda yang Ke 94, dengan tema “Bersatu Bangun Bangsa”, memberikan pelajaran kepada seluruh anak bangsa menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

Semangat untuk selalu bersungguh sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah.

“Inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa,” ucap John Wempi Wetipo.

Baca Juga: Hari Sumpah Pemuda, PDIP Dorong Jokowi Benahi Dunia Pendidikan

2. Perbedaan untuk membangun Papua

Ini Momen Peringatan Sumpah Pemuda di PapuaWakil Mentri Dalam Negeri John Wempi Wetipo saat menyampaikan sambutannya, IDN Times/ Istimewa

Ia juga menyampaikan, pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.

Ia meyakini bahwa generasi pemuda saat ini juga memiliki kesempatan yang sama untuk memimpin bangsa. Oleh karena itu, saya mengajak saudara-saudara sekalian untuk Bersatu.

"Perbedaan harus menjadi satu kekuatan untuk membangun Papua yang lebih baik ke depan,” ujar Wamendagri.

3. Wamendagri ajak pemuda Papua gotong royong majukan Papua

Ini Momen Peringatan Sumpah Pemuda di PapuaMomen peserta pengibar bendera saat menunjukkan huruf-huruf yang bertuliskan Sumpah Pemuda, IDN Times/ Istimewa

Tidak hanya itu, mantan Bupati Jayawijaya itu mengajak pemuda yang ada di Tanah Papua saling bergotong royong bergandengan tangan untuk memajukan Papua di segala bidang.

Oleh karena itu dalam upacara ini yang banyak melibatkan putra asli Papua menjadi kebanggaan untuk kita dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-94.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022 yang telah menyatukan kita untuk menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar dan bangsa yang baik,” tutupnya.

Baca Juga: Sumpah Pemuda, Jokowi Bertekad Satukan Indonesia Bangun Infrastruktur

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya