Polisi: Egianus Kogoya Ingin Pilot Susi Air Ditukar Senjata dan Uang

Medan yang akan dihadapi TNI-Polri sangat berat

Timika, IDN Times - Pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Egianus Kogoya diinformasikan pernah menyampaikan bahwa pihaknya akan menukar pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Merhtens dengan uang dan senjata sebagai tebusannya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fakhiri, Kamis (23/2/2023).

Terlepas dari permintaan tersebut, kepolisian mengedepankan negosiasi dengan Egianus Kogoya untuk mendapatkan kepastian apa yang diinginkan. 

Pihak TNI-Polri juga sudah siap untuk melaksanakan operasi penegakan hukum apabila negosiasi yang dilakukan tidak menemui jalan keluar.

Baca Juga: Polda Papua Sebut 2 Senpi Dirampas KKB Nduga Pimpinan Egianus Kogoya

1. Aparat sulit menempuh medan

Polisi: Egianus Kogoya Ingin Pilot Susi Air Ditukar Senjata dan UangKapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri (ANTARA/Evarukdijati)

Dalam upaya pembebasan pilot Susi Air yang hingga saat ini belum membuahkan hasil, Mathius mengatakan, medan yang harus ditempuh sangat menyulitkan aparat keamanan. 

Walaupun demikian, aparat terus berusaha dan meminta doa kepada seluruh masyarakat agar masalah tersebut dapat diselesaikan dengan baik. 

"Tentunya ini tidak mudah apabila penyanderaan di daerah kota, karena medan di sana adalah pegunungan dengan ketinggian 2.000 hingga 3000 meter. Kami mohon doanya agar bisa mencapai hasil yang maksimal," tutur Kapolda.

Baca Juga: Mahfud: TNI-Polri Hampir Kepung KKB untuk Bebaskan Pilot Susi Air

2. TNI-Polri kedepankan negosiasi

Polisi: Egianus Kogoya Ingin Pilot Susi Air Ditukar Senjata dan UangKapolres Nduga, AKBP Rio Alexander P bersama pasukan TNI Polri saat melaksanakan patroli, IDN Times/ Istimewa

Kapolda menegaskan, meskipun harus tetap mengedepankan negosiasi tetapi aparat TNI-Polri tidak akan berlama-lama menunggu.

Hal tersebut karena pihaknya mempertimbangkan kondisi pilot tersebut.

Baca Juga: Pilot Susi Air Disandera KKB, Mahfud: Tak Terkait DOB dan Enembe

3. Operasi akan dilakukan secara hati-hati

Polisi: Egianus Kogoya Ingin Pilot Susi Air Ditukar Senjata dan UangKapolres Nduga, AKBP Rio Alexander P bersama pasukan TNI Polri saat melaksanakan patroli, IDN Times/ Istimewa

Meskipun demikian, kata dia, aparat TNI-Polri tidak memberikan batas waktu dalam operasi tersebut karena mengutamakan faktor kemanusiaan. Penegakan hukum atas kasus ini akan dilakukan secara teliti dan tepat sasaran.

"Operasi ini kita hitung betul supaya tidak ada yang menjadi korban, terutama masyarakat. dalam penegakan hukum yang akan dilakukan. Karena ini bisa dipakai oleh KKB untuk menggulirkan isu pelanggaran HAM dan seolah-olah kami melakukan pelanggaran HAM di Tanah Papua," tegasnya.

Baca Juga: Kapolda Papua: Pilot Susi Air Ditangkap Kelompok Egianus Kogoya

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya