Kapolda Papua: Pilot Susi Air Ditangkap Kelompok Egianus Kogoya

Pendekatan dialog dikedepan

Timika, IDN Times - Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius Fakhiri memastikan pilot Susi Air, Capt. Philip saatt ini berada di tangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kelompok Egianus Kogoya.

Orang nomor satu di jajaran Polda Papua itu menegaskan, saat ini pilot Susi Air telah berada di tangan kelompok bersenjata Nduga.

"Pilot ada pada kelompok Egi," kata Kapolda Irjen Mathius D Fakhiri saat menggelar jumpa pers, di Resto 66, jalan Cendrawasih, Selasa (14/2/2023).

1. Pemerintah dorong pendekatan dialog

Kapolda Papua: Pilot Susi Air Ditangkap Kelompok Egianus KogoyaKapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri, IDN Times/ Istimewa

Setelah mengetahui pilot berada di kelompok Egianus Kogoya menurut Kapolda pihaknya akan melakukan penanganan ekstra hati-hati dalam melakukan penyelamatan terhadap pilot tersebut.

"Dengan kita mendorong Pemda dan para tokoh agar bisa berkomunikasi aktif, supaya kita mengetahui pasti apa yang di mau Egi ini. Mudah-mudahan dari komunikasi nantinya mendapatkan solusi terbaik," tuturnya. 

Baca Juga: Kompolnas dan Kapolda Papua Gelar Pertemuan Tertutup di Timika, Ada Apa?

2. Mathius Fakhiri minta kelompok Egi tidak buat aksi yang meresahkan masyarakat

Kapolda Papua: Pilot Susi Air Ditangkap Kelompok Egianus KogoyaAnggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Lekagak Teleggen masuk daftar DPO Polri. (ANTARA/HO-Humas Nemangkawi)

Kapolda meminta kepada kelompok Egianus Kogoya untuk tidak lagi membuat aksi-aksi yang meresahkan masyarakat. 

"Egi dan kawan-kawan setop buat aksi-aksi yang tidak perlu. Tentunya kami aparat TNI Polri akan lawan, kami tidak akan mundur sedikit pun," tegasnya.

Mantan Dansat Brimob Polda Papua itu mengungkapkan pihaknya mengutamakan negosiasi dalam permasalahan tersebut. Dengan memberikan kesempatan kepada Pemda Nduga dan para tokoh masyarakat memainkan perannya.

"Tentunya kami memberikan kesempatan, negosiasi itu jalan terbaik yang kita kedepankan,"ungkapnya.

3. Kompolnas dan Kapolda gelar pertemuan tertutup

Kapolda Papua: Pilot Susi Air Ditangkap Kelompok Egianus KogoyaRombongan kompolnas tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika, IDN Times/ Istimewa

Kompolnas bersama rombongan Kapolda Papua bergerak menuju Resto Cenderawasih 66 untuk melakukan pertemuan tertutup.

Belum diketahui secara pasti pertemuan tertutup tersebut membahas tentang apa, namun diduga pertemuan tersebut membahas terkait masalah yang terjadi di Distrik Paro, Nduga. Dalam pertempuran tersebut juga dihadiri oleh Pj Bupati Nduga, Ketua DPRD Nduga dan Kapolres Nduga.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Minta Doa soal Insiden Susi Air di Markas KKB Papua

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya