Semester Pertama 2022, Kecelakaan Lalu Lintas Melonjak di Mimika 

Kecelakaan paling banyak di Juni, akibat kelalaian manusia

Timika, IDN Times - Jumlah kecelakaan lalu lintas di Mimika, Papua tahun 2022 mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun 2021 semester pertama.

"Terkait dengan jumlah laka lantas yang terjadi satu semester dari Januari sampai Juli 2022 naik," kata Kasat Lantas Polres Mimika Iptu Devrizal saat ditemui di kantor Lantas Polres Mimika Jalan WR Supratman, Distrik Mimika Baru, Mimika, Papua, Senin (1/8/ 2022).

Baca Juga: Penyebab Kecelakaan Laut di Mimika: Dari Cuaca hingga Kondisi Kapal

1. Jumlah kecelakaan naik 10,81 persen

Semester Pertama 2022, Kecelakaan Lalu Lintas Melonjak di Mimika Kantor Satuan Lalulintas Polres Mimika dijalan WR Supratman IDN Times/ Ricky Lodar

Ia menjelaskan, data yang diperoleh mencatat jumlah kecelakaan lalu lintas tahun 2021, mulai 1 Januari sampai 31 Juli 2021 sebanyak 74 kasus, dengan total korban meninggal dunia 16 orang, sementara korban luka sebanyak 102 orang.

Sementara untuk semester pertama tahun 2022, tercatat jumlah kecelakaan sebanyak 82 kasus, dengan total korban meninggal dunia 23 orang dan korban luka 90 orang.

Jumlah kecelakaan mengalami kenaikan sebesar 10,81 persen, sementara korban meninggal dunia mengalami kenaikan sebesar 43,75 persen, dan korban luka mengalami penurunan sebesar 11,76 persen.

"Data ini kita minta dari Jasa Raharja yang selalu update kejadian kecelakaan yang ditangani Sat Lantas Polres Mimika," jelas Devrizal.

2. Rata-rata kasus kecelakaan akibat kelalaian manusia

Semester Pertama 2022, Kecelakaan Lalu Lintas Melonjak di Mimika Kasat Lantas Polres Mimika Iptu Devrizal

Jumlah kecelakaan yang paling tinggi terjadi pada Juni 2022, yang mana terdapat 4 kecelakaan maut yang menyebabkan kurang lebih 10 orang meninggal dunia.

"Selama bulan Januari hingga Juli kecelakaan terparah itu terjadi di bulan Juni," ungkapnya.

Devrizal juga mengungkapkan, tingginya kecelakaan lalu lintas disebabkan faktor kelalaian manusia, kondisi motor, cuaca dan kondisi jalan.

"Tingginya jumlah kecelakaan di tahun 2022 itu tergantung dari laka yang terjadi, akibat pelanggaran lalu lintas, karena kelalaian dan juga kendaraan itu sendiri," ungkapnya.

3. Masyarakat diimbau tertib berlalu lintas

Semester Pertama 2022, Kecelakaan Lalu Lintas Melonjak di Mimika Kendaraan yang diamankan di kantor Lantas Polres Mimika karena kecelakaan IDN Times/ Ricky Lodar

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar tertib berlalu lintas, serta keselamatan menjadi kunci utama.

"Untuk itu kami mengimbau kepada seluruh warga masyarakat Mimika yang mengendarai kendaraan untuk lebih berhati-hati demi terciptanya Kamseltibcar Lantas," tuturnya.

Baca Juga: Mimika Disebut Kota Hujan, Ini Penjelasannya!

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya