Putra Mahkota Arab Saudi akan Bertemu Jokowi Bahas Kerja Sama Ekonomi

Indonesia jadi salah satu rangkaian kunjungan kerja MBS

Jakarta, IDN Times – Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri, Desra Percaya, membenarkan bahwa Putra Mahkota Saudi Arabia, Mohammad Bin Salman (MBS), akan mengunjungi Indonesia pada 18 hingga 19 Februari 2019.

MBS akan melakukan kunjungan kerja ke sejumlah negara di Asia Selatan hingga Asia Tenggara. Indonesia menjadi salah satu rangkaian dalam kunjungan tersebut. Namun, Kedutaan Besar Arab Saudi di Indonesia belum menjawab pertanyaan negara mana saja yang akan dikunjungi MBS.

1. Putra Mahkota Saudi adakan pertemuan resmi dengan Jokowi

Putra Mahkota Arab Saudi akan Bertemu Jokowi Bahas Kerja Sama Ekonomiwww.twitter.com/setkabgoid

Pangeran Salman dijadwalkan akan tiba di Jakarta pada Senin (18/2) sore, Waktu Indonesia Barat (WIB). Esok harinya, MBS akan melakukan pertemuan resmi dengan Bapak Presiden, Joko Widodo, di Istana Bogor pada Selasa (19/2).

“Keduanya akan melakukan ‘veranda talk’ untuk kemudian melakukan pembicaraan bilateral yang didampingi oleh menteri terkait,” kata Desra. Veranda talk merujuk pada format komunikasi baru yang diperkenalkan Bapak Presiden  pada saat menerima tamu dalam kunjungan kerja.

Bertempat di teras belakang Istana, Jokowi akan berbincang singkat dengan tamunya, sebelum kemudian melanjutkan pembicaraan bilateral di dalam ruangan.

“Kembali lagi dalam konteks mekanisme penyusunan Pak Presiden, kami dari Kemenlu tentunya menyampaikan bahan-bahan kepada Pak Presiden. Final apa yang disampaikan oleh Pak Presiden tergantung dari Pak Presiden sendiri,” tambahnya.

Baca Juga: Berkat TKI, Indomie Populer di Arab Saudi

2. Arab Saudi akan meningkatkan kerja sama ekonomi di Indonesia

Putra Mahkota Arab Saudi akan Bertemu Jokowi Bahas Kerja Sama EkonomiIDN Times/Rini Oktaviani

Tentang substansi pembicaraan antara Presiden Jokowi dengan Pangeran MBS nantinya, Debra menjelaskan, yang menjadi fokus dalam pertemuan nanti akan membahas terkait peningkatan kerja sama ekonomi hingga kepentingan umat. Hal tersebut akan dijelaskan pada pertemuan bisnis forum pada Selasa (19/2) sore harinya.

Kunjungan MBS ke Indonesia kemungkinan berhubungan dengan tindak lanjut untuk menyepakati kerjasama di bidang minyak antara perusahaan gas negara Saudi, Aramco, dengan timpalannya dari Indonesia, Pertamina. “Tapi sektor energi kan tidak hanya minyak, bisa energi di bidang lain. Pokoknya semua masih dinegoisasikan,” lanjut Arrmanatha Nasir, Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI.

Sementara, pembahasan mengenai kepentingan ummat, tambah Arrmanatha, termasuk perlindungan warga negara dan yang terkait mungkin akan dibahas. “Setidaknya dari kami mengusulkan untuk memasukkan pembahasan mengenai isu regional dan global. Kami hanya memberikan advice. Namun, beliau akan menentukan sendiri mana yang akan didiskusikan bersama dengan Putra Mahkota,” lanjutnya.

3. Pertemuan MBS dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla

Putra Mahkota Arab Saudi akan Bertemu Jokowi Bahas Kerja Sama EkonomiIDN Times/Tim Media Wapres

Pada hari yang sama, MBS juga akan bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang dilangsungkan secara terpisah di Jakarta.

Sebelumnya, pada 30 November lalu, MBS dan JK pernah bertemu di sela-sela KTT G20 di Buenos Aires, Argentina. Mereka membahas kerja sama bilateral. Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin membicarakan pembangunan kilang minyak di Cilacap, Jawa Tengah. Seperti diketahui, Arab Saudi menanamkan investasi senilai Rp86 triliun di kilang itu.

Sementara itu untuk lawatan ke India dan Pakistan, MBS diperkirakan akan mengumumkan investasi di sektor energi dan infrastruktur. MoU yang akan ditandatangani salah satunya meliputi proyek energi dan investasi di bidang petrokimia serta mineral.

Desra mengatakan, diperkirakan akan ada beberapa kesepakatan kerjasama dan penandatanganan MoU. Namun, detail kerja sama masih akan didiskusikan dengan delegasi Arab Saudi pada Senin (18/2) pagi.  “Masih ada kematangan beberapa MOU, jadi belum bisa disebutkan,” jelas Desra.

Baca Juga: Putera Mahkota Saudi MBS akan Berkunjung Jakarta Pada 19 Februari 

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya