Festival Pemuda 2022 Ajak Pemuda Indonesia Bangun Bangsa

Festival dilaksanakan pada 13-17 November 2022

Jakarta, IDN Times - Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyelenggarakan kegiatan Bulan Pemuda 2022. 

Dalam hal ini, Kemenko PMK berkolaborasi dengan Yayasan Harapan Pemuda dan Yayasan Pondok Kasih.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Festival Pemuda 2022 yang akan diselenggarakan pada 13-17 November 2022 mendatang di Ubaya Training Center, Trawas, Mojokerto, dan Balai Budaya Balai Pemuda Surabaya.

Baca Juga: Sejarah Sumpah Pemuda: Kesadaran untuk Bersatu Demi Indonesia

1. Menjadi wadah pembangunan nasional

Festival Pemuda 2022 Ajak Pemuda Indonesia Bangun BangsaGoogle Image

Festival Pemuda 2022 dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95 dengan tema 'Bersatu Bangun Bangsa'. 

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kemenko PMK, Femmy Eka Kartika Putri, mengatakan, acara tersebut mampu meningkatkan kualitas pemuda dari berbagai aspek sekaligus sebagai wadah para pemuda untuk bersatu dalam pembangunan nasional.

“Kami ingin meningkatkan kualitas pemuda, menumbuhkan jiwa patriotik, kemandirian, cinta Tanah Air, dan kebhinekaan, sekaligus memberikan wadah untuk partisipasi aktif dalam pembangunan,” ujar Femmy, dalam keterangan tertulis, disitat Sabtu (12/11/2022).

Baca Juga: Peringati Hari Santri-Sumpah Pemuda, LPBKI MUI Singgung soal Radikal

2. Memulihkan perekonomian Indonesia pasca pandemik COVID-19

Festival Pemuda 2022 Ajak Pemuda Indonesia Bangun Bangsa(Ilustrasi ekonomi) IDN Times/Arief Rahmat

Femmy mengingatkan, pemuda harus berperan aktif sebagai kekuatan moral hingga agen perubahan dalam pembangunan nasional.

“Sebagaimana diamanatkan UU Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, pemuda berperan aktif sebagai kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan dalam segala aspek pembangunan nasional,” tutur Femmy.

Menurutnya, saat ini tugas pemuda di seluruh Indonesia adalah bersama-sama membantu pemulihan ekonomi pasca pandemik COVID-19 yang terjadi dua tahun belakangan ini.

Baca Juga: Perkuat Pangan Nasional, Kemenko PMK: Siapkan Generasi Petani Milenial

3. Ada beberapa agenda Festival Pemuda 2022

Festival Pemuda 2022 Ajak Pemuda Indonesia Bangun BangsaDoc. Pribadi

Sementara itu, Ketua Pelaksana Festival Pemuda 2022, Laila Nihayati, mengatakan, acara Festival Pemuda 2022 sengaja dihadirkan sebagai ajang diskusi para pemuda terkait perubahan sosial.

“Dengan mengusung tagline #PastikanPeranmu, Festival Pemuda 2022 hadir sebagai usaha merumuskan jawaban atas kegeliaaan pemuda dalam merespon perubahan sosial,” kata Laila.

Beberapa agenda Festival Pemuda 2022 yang digelar di antaranya Kemah Kebangsaan, Seminar Kebangsaan, Kelas Inspirasi, Kompetisi Proposal Progam 'Ayo Muda Berkarya', Malam Bhinneka Tunggal Ika, Napak Tilas, Simposium Kebangsaan, Deklarasi Sumpah Pemuda, dan Karnaval Daya Nusantara.

Baca Juga: 13th SATU Indonesia Awards 2022: Astra Apresiasi 6 Pemuda Inspiratif

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya