Gerhana Bulan Total 8 November, Kemenag Minta Umat Islam Banyak Zikir

GBT terjadi di DKI Jakarta pukul 17.59 WIB

Jakarta, IDN Times - Gerhana Bulan Total (GBT) diprediksi kembali terjadi pada 8 November 2022 di seluruh wilayah Indonesia. Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin mengatakan, hal tersebut berdasarkan data astronomis yang diterima oleh Kementerian Agama (Kemenag).

“Insya Allah, pada 8 November 2022, akan terjadi Gerhana Bulan Total di seluruh wilayah Indonesia,” terang Kamaruddin Amin, dalam keterangan yang disitat redaksi, Sabtu (5/11/2022).

Baca Juga: Gerhana Bulan Total 8 November 2022, Terakhir 18 Tahun Lalu 

1. Kemenag meminta umat Islam di Indonesia perbanyak zikir dan salat gerhana

Gerhana Bulan Total 8 November, Kemenag Minta Umat Islam Banyak ZikirIlustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Dalam menyambut gerhana bulan total ini, Kamaruddin mengimbau umat Islam di Indonesia untuk memperbanyak zikir hingga mendoakan kesejahteraan dan kemajuan bangsa. Kamaruddin juga mengajak umat Islam di Tanah Air untuk melaksanakan Salat Gerhana atau Salat Khusuf.

"Selain Salat Khusuf, kami juga mengimbau masyarakat memperbanyak zikir, istighfar, sedekah dan amal saleh lainnya, serta mendoakan kesejahteraan dan kemajuan bangsa," ujar Kamaruddin.

Sedangkan, terkait pelaksaan salat gerhana, masyarakat disarankan melaksankan ibadah sesuai situasi dan kondisi daerah masing-masing.

“Pelaksanaan salat gerhana disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerahnya masing-masing,” katanya.

Baca Juga: Tata Cara dan Bacaan Salat Khusuf saat Terjadi Gerhana

2. DKI Jakarta dapat menyaksikan gerhana bulan total pukul 17.59 WIB

Gerhana Bulan Total 8 November, Kemenag Minta Umat Islam Banyak ZikirGerhana bulan total Super Blood Moon. bmkg.go.id

Menurutnya, gerhana bulan total di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bengkulu dapat dilihat pada kontak Umbra 3 (U3) pukul 18.42 WIB.

"Sementara masyarakat di Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, dan Kalimantan Barat, dapat melihat waktu puncak gerhana, yakni pukul 17.59 WIB," kata Kamaruddin.

3. GBT terjadi di Papua ada pukul 18.08 WIT

Gerhana Bulan Total 8 November, Kemenag Minta Umat Islam Banyak ZikirGerhana bulan total merah darah di Jateng. Dok Info WAG Cuaca Jateng

Lebih lanjut lagi, dia mengatakan, masyarakat Papua dan Papua Barat dapat menyaksikan gerhana bulan total pada pukul 18.08 WIT.

“Masyarakat Papua dan Papua Barat dapat melihat Gerhana Bulan Total pada kontak Umbra 1 (U1) pukul 18.08 WIT,” jelasnya.

Sedangkan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, dan seluruh wilayah Sulawesi dapat disaksikan pada kontak Umbra 2 (U2) pukul 17.16 WIB/18.16 WITA/19.16 WIT.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya