Menko PMK Minta GNRM 2023 Libatkan Lebih Banyak Gen Z

Gen Z adalah penentu nasib bangsa, maka harus terlibat GNRM

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut, program kegiatan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) 2023 harus melibatkan lebih banyak Generasi Z (Gen Z).

Hal ini disampaikan Muhadjir dalam Rapat Evaluasi Pelaksanaan Program GNRM Tahun 2022, dan Perumusan Program GNRM Tahun 2023, secara daring, Kamis (19/1/2023).

"Saya kira tahun 2023 ini GNRM harus betul-betul lebih melibatkan lebih mengajak generasi muda. Generasi post milenial atau Generasi Z. Yang saya rasa sudah saatnya kita menghitung mereka," ujar Menko PMK dalam keterangan resmi, Jumat (20/1/2023).

Baca Juga: Menko PMK: Indonesia Harus Jadi Penyumbang Oksigen Terbesar Dunia

1. Gen Z menentukan nasib masa depan bangsa

Menko PMK Minta GNRM 2023 Libatkan Lebih Banyak Gen ZIlustrasi Generasi Z. IDN Times/Hana Adi Perdana

Menko Muhadjir menyampaikan, GNRM harus memberi gaung yang masif dan positif dalam tiga hal. Di antaranya yakni cara berfikir masyarakat, cara bersikap, dan cara bertindak masyarakat.

Menurutnya, menargetkan Gen Z pada GNRM sangat penting. Sebab, generasi inilah yang bakal menjadi penentu nasib masa depan bangsa.

"Jadi kita sudah harus mulai berpikir apa yang harus kita bekalkan kepada generasi post milenial yang kelak akan menentukan masa depan bangsa ini, maju tidaknya bangsa, menentukan utuhnya bangsa ini," kata dia.

Baca Juga: Menko PMK: Kendaraan Tak Layak Jalan Sumber Malapetaka

2. Kegiatan GNRM 2023 dapat membangkitkan mental positif

Menko PMK Minta GNRM 2023 Libatkan Lebih Banyak Gen ZMenko PMK, Muhadjir Effendy dalam acara Launching Peringatan Hari Santri 2021 pada Selasa (21/9/2021). (youtube.com/Kemenag RI)

Ia juga berharap kegiatan GNRM 2023 dapat membangkitkan mental positif pada Gen Z. Salah satu caranya dengan melibatkan generasi ini dalam program-program yang sudah ada seperti Gerakan Menanam 10 Juta Pohon.

"Kemudian rencana kita menstimulasi bagaimana tebaran dari suasana positif di media sosial di dunia virtual untuk mengimbangi bahkan memperkecil pengaruh dari konten yang jauh dari mental positif. Ini harus dipikirkan," ungkapnya.

3. GNRM harus melibatkan sejumlah pihak lain

Menko PMK Minta GNRM 2023 Libatkan Lebih Banyak Gen Zlogo lpdp (lpdp.kemenkeu.go.id)

Kemudian, Muhadjir mengatakan, GNRM dapat melibatkan instansi Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dalam membuat program pendidikan untuk Gen Z.

Bahkan, seharusnya bisa melibatkan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) untuk menanamkan mental positif sesuai nilai-nilai Pancasila untuk generasi post milenial tersebut. Dia pun meminta Gen Z dapat menanamkan tiga nilai dasar GNRM yaitu Gotong Royong, Etos Kerja, dan Integritas.

"Saya minta ada target akhir tahun 2024 itu apa output besar dari GNRM yang kita inisiasi ini," ucap Menko PMK.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya