Pemerintah Pusat Akan Berikan PPKM Award kepada Pemda Berkinerja Baik

Penghargaan diberikan sebagai wujud apresiasi

Jakarta, IDN Times - Pemerintah pusat akan memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah (pemda) tentang pengendalian pandemik COVID-19. Penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan dalam mengendalikan pandemik yang terjadi 3 tahun ini.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Safrizal ZA, mengatakan, keberhasilan Indonesia dalam mengendalikan pandemik COVID-19 dapat dicapai berkat kolaborasi dan gotong royong seluruh elemen masyarakat bersama pemerintah pusat, pemda, serta TNI dan Polri. 

“Atas hal tersebut tentunya sangat layak untuk diapresiasi," ujar Safrizal dalam keterangan tertulis yang dikutip IDN Times, Jumat (24/2/2023).

Baca Juga: Kemendagri: Daya Tarik Jakarta Luar Biasa

1. Penghargaan merupakan wujud apresiasi

Pemerintah Pusat Akan Berikan PPKM Award kepada Pemda Berkinerja Baikilustrasi piala (IDN Times/Aditya Pratama)

Safrizal menjelaskan, penghargaan pengendalian pandemik COVID-19 atau PPKM Award merupakan wujud apresiasi dari pemerintah pusat kepada representasi stakeholders seperti pemda provinsi dan kabupaten/kota, fasilitas pelayanan kesehatan, serta satuan TNI atau Polri di daerah. 

Pemberian penghargaan, kata dia, penting dilakukan sebagai upaya merawat memori kolektif bangsa atas berbagai praktik baik. Terutama untuk hal yang konkret dilakukan di lapangan selama menghadapi pandemik.

Langkah ini juga dipercaya untuk terus membangun kesiapsiagaan Indonesia menghadapi ancaman pandemik, wabah, atau kejadian luar biasa serupa di masa mendatang.

Baca Juga: Jokowi: PPKM Sudah Dicabut, Luar Ruangan Tak Wajib Masker

2. Ada beberapa indikator yang menjadi penilaian

Pemerintah Pusat Akan Berikan PPKM Award kepada Pemda Berkinerja BaikPelaku usaha yang tidak menjalankan protokol kesehatan diberikan sanksi tertulis Tim Terpadu Monitoring Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 Medan, Binjai dan Deli Serdang (Mebidang) dalam razia yang digelar Jumat 18 September 2020. (dok. Humas Sumut)

Ada beberapa indikator kinerja pemda yang menjadi penilaian untuk meraih penghargaan tersebut. Di antaranya adalah regulasi penanganan COVID-19, kinerja penegakan protokol kesehatan, kapasitas respons, inovasi penanganan COVID-19, serta kebijakan dan realisasi anggaran penanganan COVID-19. 

Selain itu, ada juga kinerja pemda dengan hasil akhir berupa cakupan testing, tracing, treatment, dan vaksinasi yang menjadi aspek penilaian. 

“Penilaian ini sangat objektif berbasis sistem dan evidence. Kemendagri selaku penanggung jawab pemberian penghargaan untuk kategori pemerintah daerah telah menyusun kriteria penilaian dan metodologi yang objektif. Hasil akhir dari nominator provinsi maupun kabupaten/kota akan ditentukan oleh dewan juri yang terdiri dari para pakar/epidemiolog dan pakar kebencanaan yang kredibel,” terang safrizal.

Baca Juga: Jokowi Sebut Ekonomi Aceh Tumbuh usai PPKM Dicabut: Jangan Lupa Syukur

3. Penghargaan diberikan kepada pemda provinsi dan kabupaten/kota berkinerja terbaik

Pemerintah Pusat Akan Berikan PPKM Award kepada Pemda Berkinerja Baikilustrasi PPKM Darurat (IDN Times/Sachril Agustin Berutu)

Kategori pemberian penghargaan kepada pemda dalam pengendalian pandemik COVID-19 terdiri dari provinsi serta kabupaten/kota berkinerja terbaik dengan peringkat 1, 2, dan 3 per kawasan, yaitu Sumatra, Jawa-Bali, Sulawesi, Kalimantan, dan Nusa Tenggara-Maluku-Papua. 

“Saya berharap proses penilaian ini dapat berjalan lancar sehingga pada bulan Maret nanti Bapak Presiden dapat memberikan penghargaan ini secara langsung kepada pemerintah daerah,” kata Safrizal.

Baca Juga: Blanko e-KTP Mahal, Kemendagri Ingin Buat KTP Digital

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya