Profil Kamaruddin Simanjuntak, Pengacara Brigadir J yang Pemberani!

Tak gentar sejak awal sebut kasus itu pembunuhan berencana

Jakarta, IDN Times - Kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J belum kunjung tuntas. Namun, sederetan fakta atas kasus ini mulai terbongkar usai ayah Brigadir J menunjuk Kamaruddin Simanjuntak sebagai pengacara mendiang anaknya tersebut.

Kamaruddin merupakan sosok yang menyatakan bahwa kematian Brigadir J ini bukan kasus polisi tembak polisi, melainkan kasus pembunuhan berencana yang dilakukan sejumlah polisi, termasuk Ferdy Sambo ditambah istrinya.

Dengan berbagai pernyataannya, Kamaruddin dinilai sangat lantang dalam membela Brigadir J dan keluarganya. Bahkan, muncul pula suara publik yang mengidolakannya serta mendukung penuh dirinya dalam mengusut tuntas kasus kematian Brigadir J.

Lantas, siapa sebenarnya Kamaruddin Simanjuntak? Berikut profilnya yang telah dikutip IDN Times dari beberapa sumber, Kamis (15/12/2022).

Baca Juga: Kamaruddin Bawa Sandal Berdarah, Diduga Dipakai Brigadir J saat Dibunuh

1. Merantau ke Jakarta setelah lulus SMA

Profil Kamaruddin Simanjuntak, Pengacara Brigadir J yang Pemberani!Pengacara Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak menunjukkan bukti luka (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Kamaruddin Simanjuntak lahir pada 21 Mei 1974 di Tapanuli Utara, Sumatra Utara. Ia mengenyam pendidikan di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Siborong-borong dan berhasil lulus pada tahun 1992.

Setelah tamat SMA, ia membulatkan tekadnya merantau ke Jakarta dan melanjutkan kehidupannya di kota metropolitan ini. 

Awal menjajakkan kakinya ke Jakarta, Kamaruddin sempat mengalami kesulitan hidup. Bahkan, ia rela tinggal di kolong jembatan area Klender, Jakarta Timur selama tiga bulan. Kemudian, memutuskan bekerja serabutan untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya.

Baca Juga: Kamaruddin: Putri Candrawathi Beri Yosua Baju Lebaran Seharga Rp1 Juta

2. Kuliah hukum di Universitas Kristen Indonesia

Profil Kamaruddin Simanjuntak, Pengacara Brigadir J yang Pemberani!Kamaruddin Simanjuntak (Dok. Pribadi)

Setelah mencoba berulang kali melamar pekerjaan ke berbagai perusahaan, akhirnya Kamaruddin mendapatkan pekerjaan sebagai customer service pada tahun 1993. Lalu, ia mulai mengumpulkan uang dari hasil jerih payahnya tersebut untuk membuka bisnis kecil-kecilan. 

Sayangnya, bisnis yang digarapnya tersebut tidak berhasil. Akhirnya, Kamaruddin memutuskan melanjutkan pendidikannya mengambil fakultas hukum di Universitas Kristen Indonesia (UKI) pada tahun 2000. 

Hal itu dilakukan Kamaruddin, mengingat sejak lama ia memiliki cita-cita sebagai pengacara. Selepas menamatkan bangku perkuliahan, ia pun mulai meniti karier sebagai pengacara. Kala itu, Kamaruddin membuka membuka kantor pengacara yang diberi nama Firma Hukum Victoria.

Baca Juga: Kamaruddin Bongkar Rencana Pembunuhan Brigadir J Sejak di Magelang

3. Menjadi politisi dan menangani kasus besar di Tanah Air

Profil Kamaruddin Simanjuntak, Pengacara Brigadir J yang Pemberani!Kuasa Hukum Keluarga Brigadi J, Kamaruddin Simanjuntak (IDN Times/Aryodamar)

Selain menjadi pengacara, ia juga tercatat pernah mendirikan Partai Demokrasi Republik Indonesia Sejahtera pada Juli 2020. Kemudian, menyelesaikan beberapa kasus besar di Tanah Air, yang membuat namanya juga dikenal masyarakat luas.

Beberapa kasus tersebut di antaranya yaitu kasus Korupsi e-KTP, Wisma Atlet, Hambalang, bahkan penistaan agama oleh Muh. Kace. Maka, tidak heran apabila dirinya dipercaya untuk menguak kematian Brigadir J dan memperjuangkan hak-hak mendiang Brigadir J dan keluarganya.

Kamaruddin sendiri memiliki istri bernama Joanita Meroline Wenji. Kini kedua pasangan ini mempunyai empat anak yang bernama Alexandrya Josephine Simanjuntak, Angelique Sharone Simanjuntak, Valencia Victoria Simanjuntak, dan Julietta Rose Simanjuntak.

Itu dia profil Kamaruddin Simanjuntak, pengacara Brigadir J yang dinilai pemberani oleh publik!

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya