Survei LSN: Elektabilitas Prabowo sebagai Capres Unggul di Tanah Sunda

Prabowo menjuarai Jawa Barat dan Banten

Jakarta, IDN Times - Lembaga Survei Nasional (LSN) merilis hasil survei elektabilitas tiga calon presiden (capres) di seluruh Provinsi Pulau Jawa. Hasil survei ini menunjukkan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto unggul di Tatar Sunda, yakni Jawa Barat dan Banten.

Ganjar Pranowo meraih elektabilitas tertinggi di Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta. Sedangkan, Anies Baswedan hanya unggul di DKI Jakarta. Survei ini dilakukan pada 2-p11 Januari 2023 dengan pengambilan sampel secara acak bertahap dari 1200 responden. 

"Jika pemilihan presiden (Pilpres) dilaksanakan saat ini, Prabowo masih akan tetap juara di Tatar Sunda seperti pada dua Pilpres sebelumnya," kata Peneliti Senior LSN, Gema Nusantara Bakry dalam konferensi pers secara daring, Sabtu (14/1/2023).

1. Prabowo unggul 58,4 persen di Jawa Barat

Survei LSN: Elektabilitas Prabowo sebagai Capres Unggul di Tanah SundaKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Dugaan keberhasilan Anies menyingkirkan elektabilitas Prabowo di tanah Sunda, ternyata tidak terbukti dalam survei LSN kali ini. Mayoritas masyarakat Jawa Barat tetap bersikukuh menjadi pemilih loyal bagi Prabowo dan Partai Gerindra.

"Ketika LSN menanyakan kepada responden, siapakah yang akan dipilih sebagai presiden jika Pilpres dilaksanakan saat ini, sebanyak 58,4 persen responden di Jawa Barat mengaku akan memilih Prabowo Subianto dalam simulasi tiga capres," kata Gema.

Padahal, sebelumnya Anies gencar bersafari di Jawa Barat bersama Partai NasDem. Namun, ia hanya dipilih oleh 24,8 persen responden. Sedangkan, Ganjar Pranowo hanya didukung oleh 13,2 persen responden. Sebanyak 3,6 persen lainnya belum mempunyai pilihan.

Baca Juga: Saat Tabayyun, Sandi Uno Tegaskan Patuhi Keputusan Pencapresan Prabowo

2. Prabowo tetap mendahului Anies dan Ganjar di Banten

Survei LSN: Elektabilitas Prabowo sebagai Capres Unggul di Tanah SundaPasangan calon presiden dan wakil presiden Pilpres 2019 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Kemudian, Prabowo juga masih menjadi juara di Tanah Jawara alias Provinsi Banten. Menurut survei LSN, Prabowo masih mendahului nama Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo jika Pilpres dilaksanakan saat ini.

"Dalam simulasi tiga nama capres, sebanyak 48,6 persen responden menyatakan pilihannya pada Prabowo. Kemudian sebanyak 29,7 persen responden menjatuhkan pilihannya pada Anies Baswedan," ucap Gema.

Sementara itu, sebanyak 18,9 persen mengaku bakal memilih Ganjar Pranowo. Sedangkan, sebanyak 2,8 persen responden lainnya mengaku belum punya pilihan.

3. Elektabilitas Prabowo meningkat di Jawa Timur

Survei LSN: Elektabilitas Prabowo sebagai Capres Unggul di Tanah SundaKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Hasil survei LSN menyatakan, apabila Pilpres hanya diikuti tiga capres tersebut maka Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo bersaing ketat menjadi pemenang. Sebab, terdapat 42,1 persen responden mengaku akan memilih Prabowo, sementara 41,9 persen responden mendukung Ganjar. 

"Sebanyak 13,5 persen responden menjatuhkan pilihannya pada Anies Baswedan, sedangkan 2,3 persen sisanya belum memiliki pilihan," ujar Gema.

Ganjar Pranowo memang unggul atas Prabowo dan Anies di daerah-daerah Mataraman atau beberapa kabupaten/kota di bagian barat provinsi Jawa Timur. 

Namun, dengan isu bakal majunya pasangan Prabowo dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah yang beredar belum lama ini, tampaknya juga cukup mendongkrak elektabilitas Prabowo di Jawa Timur.

Baca Juga: Gerindra Beberkan Alasan Prabowo Absen di Pertemuan 8 Parpol 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya