Tiket Masuk Ancol Bakal Gratis Setiap Satu Bulan Sekali

Ancol menguji coba tiket gratis selama satu tahun ke depan

Jakarta, IDN Times - PT Pembangunan Jaya Ancol berencana menggratiskan tiket masuk kepada pengunjung setiap satu bulan sekali. Tiket gratis ini direncanakan untuk menjawab keluhan masyarakat yang terbebani biaya saat hendak berlibur di Pantai Ancol.

Hal ini disampaikan Direktur Utama (Dirut) PT Pembangunan Jaya Ancol, Winarto, dalam rapat kerja Komisi B DPRD DKI Jakarta, Kamis (19/1/2023).

"Sudah banyak sekali kami mendengar keluhan. Tapi kami yakini memang harusnya masuk pantai publik itu gratis. Persoalannya bagaimana kita mentransformasi dari yang sekarang bayar menjadi nanti gratis," kata dia, dikutip ANTARA, Jumat (20/1/2023).

Baca Juga: Komisaris Ancol Sebut JIS-Ancol Bakal Terhubung Jembatan Gantung

1. Pihak Ancol melakukan uji coba tiket gratis

Tiket Masuk Ancol Bakal Gratis Setiap Satu Bulan Sekalitravelspromo.com

Kini pihaknya tengah melakukan percobaan sejumlah formulasi untuk mewujudkan rencana tersebut. Salah satunya dengan mendorong bidang Food and Beverage (F&B) yang dikelola Ancol.

"Posisi kita hari ini kontribusi F&B yang dikelola dan dihasilkan Ancol itu baru tujuh persen dari 'income' kita. Nah ini harus kita perbesar," katanya.

PT Pembangunan Jaya Ancol juga bakal menguji coba kebijakan tiket gratis terlebih dahulu sebelum sah diberlakukan. Uji coba mulai dilakukan pada tahun ini selama setahun.

Baca Juga: Jelang Jakarta E-Prix 2023, FEO Tinjau Sircuit JIEC di Ancol 

2. DPRD DKI Jakarta berharap tiket masuk Pantai Ancol gratis seperti PIK 2

Tiket Masuk Ancol Bakal Gratis Setiap Satu Bulan SekaliKawasan Wisata Ancol kembali dibuka dengan peningkatan dan penerapan protokol kesehatan lebih baik. (korporat.ancol.com/)

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Wahyu Dewanto mengatakan, Taman Impian Jaya Ancol seharusnya bisa menggratiskan tiket pengunjung seperti Pantai Indah Kapuk (PIK) 2. Menurutnya, perusahaan tidak perlu khawatir soal menurunnya pendapatan.

Sebab, pendapatan bisa diganti dengan cara menyajikan berbagai kuliner lengkap bagi semua kalangan. Ide ini berkaca dari PIK 2 yang retailnya tidak pernah sepi sehingga pendapatan mengalir terus. 

"Ayo dong reformasi. Supaya enggak bisa lihat ke tetangga sebelah, PIK 2, retailnya enggak pernah sepi, padahal enggak bayar (ke pantainya)," kata dia.

3. Ancol dapat menerapkan hal serupa dengan PIK 2

Tiket Masuk Ancol Bakal Gratis Setiap Satu Bulan SekaliPantai PIK 2 (instagram.com/m.syafiqsetiawan)

Wahyu sangat yakin Ancol juga bisa menerapkan hal yang sama dengan PIK, khususnya di kawasan Ancol Timur yang memiliki beragam arena. Karena itu, dia berharap PT Pembangunan Jaya Ancol dapat merevitalisasi kawasannya untuk menghidupkan bisnis, sehingga akses pantai gratis.

"Termasuk kini, dengan adanya JIS, kan dari Ancol Timur kan JIS keliatan, itu 'connection bridge' harapannya bisa mulai diwujudkan ya 2023, tapi ternyata tidak prioritas, padahal JIS kan sudah jadi, bakal banyak 'event', kemudian ada sirkuit Formula E sebagai bagian dari 'atraction'-nya," kata Wahyu.

Kemudian, ia mengatakan bahwa DPRD DKI Jakarta akan menyetujui permohonan Penanaman Modal Daerah (PMD) untuk PT Pembangunan Jaya Ancol. Kegiatan ini ditujukkan agar perusahaan ingin merevitalisasi besar-besaran. Sebab, publik sangat mendambakan wisata pantai gratis sedari dulu.

"Program penggratisan Ancol yang akan dibuat dalam satu bulan sekali. Kalau bisa diungkapkan secara konkret saja. Karena dulu kita malah inginnya gratis. Kalau memang nanti dengan digratiskan ada efek terhadap retail dan sebagainya," ujarnya.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya