Demokrat Akan Ajukan Ani Yudhoyono Jadi Capres 2019

Apakah Demokrat terinspirasi dari sosok Hillary Clinton?

Ani Yudhoyono dikabarkan sedang dipersiapkan oleh Partai Demokrat untuk diusung sebagai calon presiden pada 2019. Gambar Ani Yudhoyono bertuliskan "Calon Presiden Partai Demokrat 2019" sudah ramai tersebar di media sosial.

Saat mengecek timeline media sosialmu, kamu akan menemukan foto Ani Yudhoyono menggunakan baju berwarna biru khas Demokrat dan melambaikan tangan dengan latar belakang bendera Merah Putih. Foto tersebut juga dilengkapi dengan tulisan "Lanjutkan!" dan juga hashtag "#AniYudhoyono2019".

Demokrat Akan Ajukan Ani Yudhoyono Jadi Capres 2019

Isu majunya Ani Yudhoyono ini juga merupakan masukan dari sebagian masyarakat yang menginginkan Demokrat mengusung istri Susilo Bambang Yudhoyono itu sebagai capres. Sejumlah masyarakat sebenarnya meminta SBY untuk maju kembali sebagai capres. Akan tetapi, SBY yang sudah 10 tahun memimpin Indonesia sadar bahwa aturan tidak memungkinkan dirinya untuk maju kembali di periode ketiga.

Baca Juga: Kalau Kamu Anak Muda Indonesia, Kamu Wajib Tahu Kandidat Calon Presiden AS

Demokrat Akan Ajukan Ani Yudhoyono Jadi Capres 2019

Sebelumnya, nama istri Presiden RI keenam ini digadang-gadang bakal masuk bursa calon presiden 2014. Tapi ternyata SBY dengan tegas mengatakan bahwa Ani tidak akan maju dalam Pilpres 2014.

Ani juga pernah menjelaskan dalam buku biografinya ketika seorang siswa berkunjung ke istana negara dan melemparkan pertanyaan. Apakah Ani akan menggantikan SBY menjadi presiden seperti Hillary Clinton? Dia pun mengatakan bahwa dia sudah bersyukur bisa menjadi ibu negara mendampingi SBY selama masa jabatannya, dibandingkan menjadi presiden.

Apa alasan Demokrat mengusung Ani?

Demokrat Akan Ajukan Ani Yudhoyono Jadi Capres 2019

Politikus Partai Demokrat Ruhut Sitompul mengatakan bahwa alasan partainya mengutus Ani Yudhoyono sebagai calon presiden 2019 adalah karena desakan masyarakat pada saat SBY dan rombongan partai Demokrat melakukan Tour de Java.

Banyak masyarakat yang rupanya masih merindukan sosok SBY sebagai orang nomor satu di Indonesia. Akan tetapi karena terbendung aturan tentang batas maksimal menjabat selama dua periode, keinginan tersebut pun dialihkan kepada sang istri.

Demokrat Akan Ajukan Ani Yudhoyono Jadi Capres 2019

Dengan diusungnya Ani sebagai calon Presiden RI, masyarakat berharap dirinya bisa meneruskan program pro rakyat yang memang jadi ciri khas dalam kepemimpinan SBY. Berikut adalah tanggapan pro kontra dari masyarakat terkait pengangkatan Ani sebagai calon Presiden RI.

Demokrat Akan Ajukan Ani Yudhoyono Jadi Capres 2019

Bisa dilihat dari dari sedikit cuplikan timeline masyarakat bahwa ada yang mendukung Ani untuk maju sebagai capres dan ada yang merasa ide tersebut hanyalah sebuah gurauan. Well, gimana menurutmu, apakah Ani Yudhoyono bisa menjadi Hillary Clinton-nya Indonesia?

Baca Juga: Jelang Pemilu Presiden: Hal Unik Apa Saja Sih yang Ada Dalam Pilpres Amerika?

Update per 16 Maret 2016 pukul 21.00 WIB: 

Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul menyatakan bahwa partai Demokrat bukanlah pihak di balik pembuatan gambar Ani Yudhoyono dan pencipta hashtag #AniYudhoyono2019. Partai Demokrat sendiri masih mencari dalang di balik pembuatan gambar Ani Yudhoyono sebagai capres tersebut, walaupun Ruhut juga tidak melarang kader atau simpatisan maupun rakyat yang ingin Ani Yudhoyono untuk maju sebagai capres di pilpres 2019. Sedangkan juru bicara Partai Demokrat lainnya, Dede Yusuf juga menambahkan bahwa kini Demokrat sedang fokus di Pilkada 2017 dan 2018. Sedangkan Tour de Java sendiri hanya sekadar untuk pemanasan menjelang pilpres 2019. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya