Ngerinya Lihat Kenaikan Harga Cabai: Sekarang 1 Kg Cabai = 1 Kg Daging Sapi!

Kabar buruk buat penggila pedas

Kenaikan harga cabai di sejumlah daerah kian meroket. Salah satunya adalah di pasar Provinsi Jambi. Saat ini, harga cabai di daerah tersebut sudah setara harga daging sapi, yakni 120 ribu rupiah per kilogramnya. Seorang pembeli mengatakan baru saja membeli satu ons cabai dengan harga 12 ribu rupiah.

Dikutip Liputan6.com, (15/11), Seorang konsumen bernama Ana mengatakan bahwa harga cabai di pasar Kota Bangko sudah mencapai 120 ribu rupiah per kilogram. Semakin siang pun harganya akan semakin mahal. Harga ini pun setara dengan harga daging sapi yang dibanderol 120 rupiah per kilogramnya.

Ngerinya Lihat Kenaikan Harga Cabai: Sekarang 1 Kg Cabai = 1 Kg Daging Sapi!Ari Bowo Sucipto/ANTARA FOTO

Salah satu pedagang sayur di Pasar Kota Bangko mengatakan bahwa selama dua bulan terakhir pasokan cabai kian berkurang. Cabai di Kota Bangko biasanya dipasok dari daerah tetangga, yakni Kabupaten Kerinci, maupun dari luar provinsi seperti Lampung.

Namun, dalam hitungan jam saja semua harga sudah berubah. Pada bulan Oktober kemarin, rata-rata harga cabai 70 ribu rupiah sampai 80 ribu rupiah per kilogram. Kini karena makin langka maka harganya kian meroket.

Apa pemicu mahalnya harga cabai?

Ngerinya Lihat Kenaikan Harga Cabai: Sekarang 1 Kg Cabai = 1 Kg Daging Sapi!Muhammad Adimaja/ANTARA FOTO

Kepala Seksi Bina Usaha dan Distribusi dan Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi, M Zaini mengaku bahwa harga cabai di sebagian besar wilayah Jambi tengah mengalami kenaikan signifikan.

Baca Juga: Nasib Ahok Ditentukan Lewat Gelar Perkara Hari Ini.

Ngerinya Lihat Kenaikan Harga Cabai: Sekarang 1 Kg Cabai = 1 Kg Daging Sapi!Habung Hambara/ANTARA FOTO

Kenaikan harga cabai di Jambi ini dipicu langkanya pasokan dari daerah Jawa. Salah satunya adalah penyebab macetnya pasokan tersebut adalah karena hujan.

Selain cabai merah, komoditi bahan pokok yang mengalami kenaikan di Jambi adalah daging ayam potong. Harga jual ayam potong di sejumlah pasar di Provinsi Jambi kini berkisar antara 30 hingga 32 ribu rupiah per kilogram. Harga itu lebih mahal dari harga sebelumnya yakni 26 ribu rupiah per kilogram.

Harga bawang pun ikut naik.

Ngerinya Lihat Kenaikan Harga Cabai: Sekarang 1 Kg Cabai = 1 Kg Daging Sapi!Rahmad/ANTARA FOTO

Kenaikan harga komoditas pangan terjadi silih berganti, setelah cabai, kini harga bawang juga ikut-ikutan naik. Harga bawang merah dan bawang putih melejit hingga 60.000 rupiah per kilogram dalam sepekan terakhir.

Padahal selama ini harga bawang merah berkisar 35.000 rupiah per kilogramnya. Hal ini berdampak pada pengusaha makanan ringan di sejumlah daerah yang terpaksa harus irit dalam menggunakan bawang merah dan bawang putih dalam produksi makanan ringannya.

Baca Juga: Pelaku Bom Samarinda, Marbut Masjid yang Jadi Teroris Kambuhan.

Topik:

Berita Terkini Lainnya