Semarak Pemilu 2024, Warga Kebonkuto Malang Kian Minim Golput

Ada satu alasan yang mendasarinya #GenZMemilih

Malang, IDN Times - Malang menjadi salah satu wilayah yang ikut meramaikan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Menariknya, tidak sedikit distrik dari wilayah tersebut yang menyambut pesta demokrasi terbesar se-Indonesia ini dengan antusiasme tinggi.

Salah satunya ada di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 09 Desa Sukodadi, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Di wilayah yang mencakup seluruh Dusun Kebonkuto itu, hampir tidak ada warganya yang golput. Ini menjadi perbedaan yang amat mencolok dengan gelaran Pemilu mereka pada periode 2019 lalu.

"Di sini, antusiasme warga tinggi. Hampir 100 persen tidak ada yang golput di Pemilu 2024. Ini berbeda jauh dengan catatan periode sebelumnya," kata Agus Priyana, salah satu petugas TPS 09 Sukodadi.

Kabar itu pun senada dengan penjelasan yang diutarakan Sugiarto sebagai perwakilan dari warga yang mencoblos. "Kalau untuk keunikan TPS tidak ada di sini. Hanya saja, kalau soal antusiasme, jumlah pemilih memang meroket bila dibandingkan periode terakhir," katanya.

Setelah ditelusuri, ada beberapa hal yang melatarbelakangi itu bisa terjadi. Salah satu di antaranya terkait calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang cocok di hati warga Dusun Kebonkuto sendiri. Asumsi itu didukung dengan hasil perhitungan suara dua kubu capres dan cawapres yang hampir berimbang. Itu membuktikan animo warga Kebonkuto amat tinggi dalam upaya mewujudkan kemenangan jagoan masing-masing.

"Untuk hasil perhitungan suara kandidat capres dan cawapres, ada dua nomor pasangan calon yang nyaris berimbang di TPS 09 Sukodadi," ujar Agus Priyana.

Baca Juga: Pesta Pemilu, Semangat di Tengah Rintik Hujan Jakarta Utara

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya