10 Momen Unik Selama Debat Capres-Cawapres Ketiga Pemilu 2024

Debat ketiga diwarnai debat antara Anies dan Prabowo

Jakarta, IDN Times - Debat capres-cawapres putaran ketiga yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam, diwarnai adu argumen antara capres nomor urut satu Anies Baswedan dengan capres nomor urut dua Prabowo Subianto.

Anies bahkan sejak awal sesi debat sudah mulai menyerang Prabowo, hingga mantan Danjen Kopassus itu pun terpancing emosinya. Beberapa kali Prabowo kesal dengan pertanyaan maupun tanggapan Anies.

Sementara, capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo tidak banyak menyerang Prabowo. Dia lebih banyak menjadi penengah debat antara Anies dan Prabowo. Berikut deretan hal-hal unik selama debat capres-cawapres putaran ketiga yang dihimpun IDN Times.

Baca Juga: Soal Pertahanan Siber, Ganjar Akan Libatkan Penerima Beasiswa LPDP

1. Ganjar dan Mahfud kompak pakai jaket bomber

10 Momen Unik Selama Debat Capres-Cawapres Ketiga Pemilu 2024Ganjar-Mahfud Pakai Jaket Bomber Ala Film Top Gun di Debat Ketiga pada Minggu (7/1/2024). (youtube.com/KPU RI)

Debat kali ini, pasangan capres-cawapres nomor tiga Ganjar Pranowo dan Mahfud MD kompak memakai jaket bomber warna hijau. Di dada tertulis nomor tiga, sedangkan di sebelah kakan tertera jargon "Sat-Set".

Selain Ganjar dan Mahfud, istri Ganjar, Siti Atiqoh Supriyanti, juga memakai jaket yang sama.

2. Gibran tos dengan Prabowo usai pemaparan visi misi

Aksi menarik dilakukan calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka. Dia memberi semangat kepada pasangannya, Prabowo Subianto.

Selepas Prabowo memberi paparan di segmen pertama, Gibran langsung berdiri dan bertepuk tangan. Dia langsung tos dengan Prabowo untuk memberi semangat.

Hal ini jadi suntikan motivasi tersendiri, mengingat Prabowo sempat kena serangan Anies soal anggaran pertahanan yang tidak tepat sasaran. Prabowo sempat membalas dengan menyebut Anies tak punya data kuat.

3. Adu senyum tipis Prabowo dan Anies di segmen kedua

Senyum tipis tersungging dari capres nomor urut dua Prabowo Subianto dan capres nomor urut satu Anies Baswedan pada segmen kedua. Itu terjadi saat debat membahas mengenai cyber AI dan kebijakan Selatan-Selatan. 

Prabowo tidak terlalu berapi-api menanggapi tanggapan Anies, yang menyebut Kementerian Pertahanan (Kemenhan) tidak ada kerjanya selama lima tahun terakhir soal ancaman cyber AI. Dia justru mendengarkan dengan seksama. 

Senyum tipis itu hadir kembali saat Anies memberikan jawaban soal paparan Prabowo mengenai kebijakan internasional Selatan-Selatan. Prabowo menyindir balik Anies dengan menyebut setuju pada Ganjar. 

"Saya kok lebih setuju pada Pak Ganjar ya, daripada cuma ngomong-ngomong saja," ujar Prabowo. 

Jawaban ini pun menghadirkan senyum juga di bibir Anies. Sontak, suasana debat menjadi makin riuh. 

4. AHY dan Yenny Wahid ngobrol bareng di sela debat

Dua sosok tampak mengobrol asyik saat sesi istirahat segmen ketiga menuju keempat debat ketiga calon presiden (capres) pada Minggu (7/1/2024). Mereka adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Yenny Wahid. 

Pantauan IDN Times, kedua sosok yang sejatinya sama-sama merupakan anak dari mantan Presiden Indonesia ini tampak mengobrol akrab saat istirahat. 

Uniknya lagi, keduanya mengusung capres yang berbeda. AHY mengusung Prabowo Subianto sebagai capres, sedangkan Yenny mengusung Ganjar Pranowo. Alhasil, obrolan keduanya di sesi istirahat ini jadi sesuatu yang menarik. 

5. Elite PSI datangi moderator debat karena salam tiga jari

10 Momen Unik Selama Debat Capres-Cawapres Ketiga Pemilu 2024Suasana debat ketiga KPU di Istora Senayan pada Minggu (7/1/2024). (IDN Times/Uni Lubis)

Dua elite Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie dan Isyana Bagoes Oka sempat menghampiri moderator debat ketiga Pilpres 2024, saat jeda iklan. Mereka menghampiri moderator saat jeda iklan antara segmen kedua.

Momen itu terjadi setelah pendukung capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo berulang kali mengangkat salam tiga jari selama 15 detik, ketika Prabowo Subianto dan Anies Baswedan berbicara.

Kemudian, saat segmen tiga dimulai, moderator debat Anisha Dasuki dan Ariyo Ardi langsung mengingatkan para pendukung capres untuk menghormati hak bicara para capres.

"Dimohon untuk tidak mengganggu dan tidak men-distract capres yang sedang berbicara," ucap Anisha.

Baca Juga: Prabowo Kecewa dengan Kualitas Narasi Anies dan Ganjar Saat Debat

6. Prabowo geleng-geleng kepala dan Anies senyum simpul saat bahas utang luar negeri

Prabowo dan Anies kembali beradu di segmen ketiga. Itu terjadi saat mereka berdebat soal politik luar negeri, khususnya soal utang.

Prabowo sempat geleng-geleng kepala saat mendengar jawaban Anies soal utang luar negeri Indonesia. Di sisi lain, Anies juga tersenyum tipis saat mendengar tanggapan Prabowo mengenai jawabannya.

7. Ganjar seolah jadi penengah debat antara Anies dan Prabowo

Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo tampak begitu fokus mendengarkan capres Prabowo Subianto saat memaparkan gagasannya di segmen keempat debat. 

Bukan tanpa alasan Ganjar begitu serius mendengarkan paparan Prabowo. Kala itu Prabowo dan Anies tengah saling sindir soal etika. Ganjar yang memang posisi podiumnya berada di tengah antara Prabowo dan Anies mengaku dirinya seolah sebagai penengah.

"Rasanya pas saya ada di tengah ini, saya jadi penengah untuk dua rekan saya di kanan dan kiri ini," ujar Ganjar, sembari tertawa tipis. 

8. Prabowo minta Anies belajar ekonomi lagi

10 Momen Unik Selama Debat Capres-Cawapres Ketiga Pemilu 2024Suasana debat ketiga KPU di Istora Senayan pada Minggu (7/1/2024). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Capres nomor urut dua, Prabowo Subianto, meminta capres nomor urut satu, Anies Baswedan untuk belajar ekonomi lagi.

Hal itu ia sampaikan menjawab pernyataan Anies soal Produk Domestik Bruto atau Gross Domestic Product (GDP) Indonesia harus di bawah 30 persen.

“Pak Anies, saya kira Pak Anies perlu belajar ekonomi lagi. Jadi kalau bilang ideal 30 persen dasarnya apa? Yang di bawah kita itu Arab Saudi, Rusia, pokoknya negara-negara yang sumber alam yang luar biasa tetapi 40 persen salah satu terendah sekarang,” kata Prabowo di Istora Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (7/1/2024).

Namun demikian, Prabowo setuju dengan pernyataan Anies yang menyebut utang harus produktif. “Yang penting utang itu produktif, saya setuju, tapi kita bisa sampai 50 persen, gak ada masalah kita tidak pernah default, kita dihormati di dunia,” ujarnya.

9. Prabowo sindir Anies banyak omong

Calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto mengaku banyak menyetujui gagasan yang disampaikan capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, terkait kekuatan pertahanan dalam bidang ekonomi nasional.

Menteri Pertahanan (Menhan) itu lantas menyindir capres nomor urut satu, Anies Baswedan yang melontarkan kritikan terhadap pernyataan Prabowo.

"Saya kok banyak setuju dengan Pak Ganjar ya. Kalau benar, masuk akal, saya setuju, kalau ngomong, ngomong, ngomong, ya kumaha?" kata dia dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024) malam.

Dia lantas menjelaskan, banyak negara yang mulai melirik Indonesia karena keberhasilan ekonomi. Prabowo kembali menyinggung soal pihak tertentu yang kerjanya terlalu banyak berbicara, tetapi tak memahami konteks pertahanan dan potensi bangsa.

"Kenapa negara-negara selatan sekarang melihat ke Indonesia karena kita berhasil membangun ekonomi kita. Jadi tidak hanya omong, omong, omong. Kerjanya omong saja, kita tidak bisa," imbuh Prabowo.

Sebelumnya, Prabowo juga mengaku banyak setuju dengan Ganjar dan menyindir Anies banyak omong. Itu terjadi saat dia menanggapi jawaban Anies soal kebijakan Selatan-Selatan dalam segmen kedua debat.

"Saya kok lebih setuju pada Pak Ganjar ya, daripada cuma ngomong-ngomong saja," ujar Prabowo sambil menggerakkan tangannya.

Jawaban ini pun menghadirkan senyum juga di bibir Anies.

10. Prabowo dan Anies tidak bersalaman usai debat

10 Momen Unik Selama Debat Capres-Cawapres Ketiga Pemilu 2024Suasana debat ketiga KPU di Istora Senayan pada Minggu (7/1/2024). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Capres nomor urut dua Prabowo Subianto dan capres nomor urut satu Anies Baswedan tak bersalaman selepas debat capres putaran ketiga, Minggu (7/1/2024) malam. Keduanya memang jadi sosok yang menarik perhatian di sesi debat kali ini, karena saling menyerang.

Pantauan IDN Times, selepas debat mereka berdua sempat berjauhan. Anies terlebih dahulu menyalami capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo yang menghampirinya, pun Prabowo menyalami Ganjar terlebih dahulu.

Nah, selepas Anies dan Prabowo bersalaman dengan Ganjar, mereka rupanya tidak sempat bertemu. Sebab, simpatisan keburu naik ke atas panggung debat. Prabowo juga sudah ditunggu Ketua Umum Partai Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Dalam konferensi pers usai debat, Anies membenarkan dirinya tidak sempat bersalaman dengan Prabowo. Dia tidak keburu bertemu dengan Prabowo.

"Tadi saya cari-cari tidak ketemu,” kata Anies yang didampingi Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Sementara Prabowo menjawab, Anies tidak mendatanginya, sehingga tidak sempat bersalaman.

“Dia (Anies) tidak datang ke saya. Saya lebih tua dari dia kok,” kata Prabowo.

Sepanjang debat, mulai segmen pertama hingga kelima, Prabowo dan Anies memang berduel keras. Mereka saling sindir, baik dengan ucapan, gestur, hingga saling balas paparan. Namun, hal inilah yang mewarnai debat ketiga ini.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/EFUPIQfFfYY

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya