7 Warga Batal Dievakuasi dari Wuhan, Begini Penjelasan Menkes

Total 238 WNI yang dievakuasi dari Wuhan

Jakarta, IND Times - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, 238 warga negara Indonesia (WNI) yang berhasil dievakuasi dari wabah virus Corona di Wuhan, Tiongkok, sudah melalui pemeriksaan kesehatan melalui Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Empat orang tidak bersedia pulang ke tanah air, dan tiga lainnya tidak lolos pemeriksaan kesehatan. Sehingga total ada 238 WNI yang dievakuasi ke Indonesia. Semula pemerintah menyatakan akan mengevakuasi 245 WNI dari Wuhan.

"Kondisi sehat, terbukti ada tiga yang kena clearence tak boleh berangkat, karena itu aturan WHO. Tak boleh ada warga yang ke luar wilayah terdampak karena tak lolos screening," ujar Menkes dalam wawancara langsung dengan jurnalis TV One, di Kepulauan Riau, Minggu (2/2).

Terawan menjelaskan proses evakuasi WNI di Wuhan memakan waktu cukup lama, karena harus melalui berbagai tahap. "Mereka harus didata cocok gak? Jangan sampai ada penumpang gelap, tak boleh lepas dari detail tahapan yang kita kerjakan," ujar dia.

Menkes menegaskan ratusan WNI yang dievakuasi sudah melalui berkali-kali pemeriksaan kesehatan sesuai prosedur WHO. "Sebelum dilepas imigrasi pun haris dicek, betul-betul ketat, begitu WHO umumkan semua kepada semua negara aturan WHO. Tak ada satu pun negara yang mau langgar, concern aturan internasional," kata Terawan.

Sebanyak 238 WNI itu tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, Minggu (2/2) sekitar pukul 08.30 WIB, menggunakan pesawat Batik Air. Mereka keluar dari pesawat sekitar pukul 09.00 WIB.

Saat turun dari tangga pesawat, sejumlah petugas berpakaian kapsul berwarna putih dan kuning itu menyemprotkan cairan disinfektan kepada setiap penumpang. Di antara mereka terdapat anak-anak. Mereka menggunakan jaket dan penutup kepala serta masker.

Setelah transit di Bandara Hang Nadim, mereka langsung diterbangkan diterbangkan ke Natuna menggunakan pesawat Hercules, untuk menjalani karantina selama dua pekan.

Baca Juga: [BREAKING] Menkes Konfirmasi WNI yang Dievakuasi dari Wuhan 238 Orang

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya