Comscore Tracker

9 Prajurit TNI Pemburu DPO Teroris Poso Dapat Kenaikan Pangkat

Sembilan prajurit dinilai berprestasi memuaskan

Jakarta, IDN Times - Sembilan prajurit Batalion Infantri 714/SM yang memburu daftar pencarian orang (DPO) teroris Poso, mendapat penghargaan kenaikan pangkat luar biasa atas prestasinya dalam Operasi Madago Raya tahap III/2021 di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Pemberian penghargaan KPLB digelar di lapangan Markas Korem 132/Tadulako, di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (7/2/2022). “Masing-masing prajurit dinaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula,” kata Komandan Korem 132/Tadulako, Brigadir Jenderal TNI Toto Nurwanto, Senin.

Baca Juga: Pesan Haru Ibu Buronan MIT Poso Minta Anaknya Cepat Pulang

1. Sembilan prajurit memburu kelompok MIT dan evakuasi DPO teroris Poso

9 Prajurit TNI Pemburu DPO Teroris Poso Dapat Kenaikan PangkatDaftar DPO Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso. IDN Times/Kristina Natalia

Toto menjelaskan, sembilan prajurit itu turut mencari kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) serta membantu mengevakuasi DPO teroris Poso yang meninggal dunia, pasca-kontak tembak antara Tim Triçakti 3 Koopsgabsus TNI dengan kelompok teroris pada 11 Juli 2021 di Pegunungan Tokasa, Desa Tanalanto, Kecamatan Parigi Selatan, Kabubapten Parigi Moutong.

“Pemberian kenaikan pangkat kepada prajurit di nilai berjasa, berdedikasi dan berprestasi dalam melaksanakan tugas secara langsung, baik tugas tempur maupun nontempur,” tutur dia.

2. Sembilan prajurit dinilai berprestasi memuaskan

9 Prajurit TNI Pemburu DPO Teroris Poso Dapat Kenaikan PangkatProses evakuasi dua jenazah DPO MIT Poso di pegunungan Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, menggunakan helikopter Caracal TNI AU. Dok. IDN Times/Satgas Madago Raya

Saat ini, gabungan TNI/Polri terus memburu DPO kelompok MIT Poso di wilayah Kabupaten Poso, Sigi, dan Parigi Moutong. Selain menelusuri pegunungan di wilayah operasi, pasukan TNI Polri melakukan kegiatan-kegiatan sosialisasi pencegahan dan bahaya paham radikalisme dan terorisme.

“Kopral Dua I Putu Endrik Wiliawan beserta delapan rekannya yang mendapatkan penghargaan KPLB atas prestasi yang memuaskan dalam pengabdian terbaik kepada institusi ini,” kata Toto.

Baca Juga: Satgas Madago Baku Tembak dengan Teroris MIT Poso, 1 DPO Tewas

3. Penghargaan ini diharapkan jadi motivasi prajurit lain

9 Prajurit TNI Pemburu DPO Teroris Poso Dapat Kenaikan PangkatIlustrasi pasukan TNI menerobos hutan mengejar teroris di Poso. (IDN Times/Ruslan Sangadji)

Pemberian pangkat ini, kata Toto, diharapkan bisa menjadi motivasi kepada prajurit lainnya, agar meningkatkan kualitas kinerja para personel jajaran Korem 132/Tadulako.

“Banyak hal yang bisa kita lakukan tidak hanya dalam penugasan operasi saja namun sebagai satuan teritorial juga mempunyai kesempatan, sesuai dengan perintah KASAD untuk hadir dan membantu kesulitan masyarakat di sekeliling kita,” ucap dia.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya