Arus Mudik Mulai Ramai, Pelabuhan Merak Seberangkan 21.860 Penumpang

Arus mudik di Pelabuhan Merak masih relatif normal

Jakarta, IDN Times - Arus mudik Lebaran 2022 melalui Pelabuhan Merak Dermaga Eksekutif dan Reguler sudah mulai ramai pada H-9 Lebaran 1443 Hijriah. Hal itu terlihat sepanjang Sabtu (23/4/2022), pelabuhan ini telah menyeberangkan 21.860 penumpang menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Penyeberangan berjalan lancar dan selamat sampai tujuan," kata Mulyanto, petugas Pelabuhan Merak, Minggu (24/4/2022) dinihari, dilansir ANTARA.

Baca Juga: Kapolri Imbau Masyarakat Mudik Lebaran 2022 Lebih Awal

1. Arus mudik di Pelabuhan Merak masih relatif normal

Arus Mudik Mulai Ramai, Pelabuhan Merak Seberangkan 21.860 PenumpangIlustrasi antrean kendaraan di Pelabuhan Merak, Banten. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Sejauh ini, menurut Mulyanto, arus mudik Lebaran 2022 melalui Pelabuhan Merak, masih relatif normal dan belum terlihat adanya lonjakan.

Kebanyakan pemudik itu dari sejumlah daerah di pulau Jawa, seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Tangerang, Bekasi, Solo, hingga Jogyakarta, untuk merayakan Lebaran di kampung halaman di Pulau Sumatra.

"Kami bekerja keras untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang hendak mudik Lebaran dengan selamat sampai tujuan," katanya.

Berdasarkan data penumpang di Pelabuhan Merak sepanjang Sabtu (23/4/2022), kapal beroperasi 30 armada dengan 51 trip. Sementara, jumlah 4.691 unit terdiri dari kendaraan roda dua 372 unit, kendaraan roda empat 2.380 unit, bus 180 unit dan truk 2.131 unit.

2. Pelabuhan Merak menyediakan posko pelayanan vaksinasi COVID-19 gratis

Arus Mudik Mulai Ramai, Pelabuhan Merak Seberangkan 21.860 PenumpangIlustrasi kendaraan penumpang tujuan Sumatra memasuki kapal Roro di Pelabuhan Merak, Banten. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Mulyanto menjelaskan, Pelabuhan Merak menyediakan posko pelayanan vaksinasi COVID-19, sehingga penumpang dapat melakukan vaksinasi secara gratis.

Selain itu, seluruh pemudik harus mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, guna mengantisipasi penularan COVID-19.

"Kami minta semua penumpang arus mudik Lebaran tahun ini agar divaksin booster," katanya

Baca Juga: 10 Tips Mudik Lebaran Aman, Sehat, dan Bahagia Versi Polisi

3. Sebanyak 80 juta orang akan mudik ke kampung halamannya

Arus Mudik Mulai Ramai, Pelabuhan Merak Seberangkan 21.860 PenumpangIlustrasi pemudik menuju Pelabuhan Merak. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Pemerintah memprediksi ada sekitar 80 juta orang akan mudik Lebaran 2022, baik menggunakan jalur darat, laut, maupun udara, setelah pemerintah melonggarkan dengan syarat sudah divaksin booster.

Sementara, puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada H-3 atau Jumat, 29 April mendatang, karena para pekerja sudah menerima tunjangan hari raya (THR).

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya