Comscore Tracker

[FOTO] Mobil Pikap Berhasil Dievakuasi  Setahun Pasca-Tsunami Palu

Banyak korban tsunami kehilangan kendaraan

Jakarta, IDN Times - Sebuah bangkai kendaraan pikap berhasil diangkat dari kedalaman laut, setelah setahun gempa dan tsunami menerjang Sulawesi Tengah. Pikap itu berhasil dievakuasi ke Pantai Kelurahan Tondo, Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (12/10), akibat terseret gelombang tsunami pada 28 September 2018.

Tepat pada 28 September lalu genap setahun gempa bumi sekaligus tsunami di Sulawesi. Dua wilayah terparah akibat bencana gempa berkekuatan 7,4 Skala Richter (SR) itu adalah Palu dan Donggala.

Selain Palu dan Donggala, guncangan gempa bumi yang berada di kedalam 10 km itu
dirasakan hingga di Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Sigi, Kabupaten Poso, Kabupaten Tolitoli, Kabupaten Mamuju bahkan hingga Kota Samarinda, Kota Balikpapan, dan Kota Makassar.

Gempa ini memicu tsunami hingga ketinggian 5 meter di pesisir Kota Palu. Hampir 2.000 orang meninggal dunia akibat gempa ini.

Berikut momen-momen mobil pikap yang berhasil dievakuasi dari dasar laut akibat tsunami, seperti yang berhasil diabadikan jurnalis foto Antara, Mohamad Hamzah.

Baca Juga: Korban Meninggal Dunia Tsunami Palu-Donggala Capai 1.944 Jiwa

1. Sebuah bangkai mobil pikap yang terseret gelombang tsunami berhasil dievakuasi dari dasar laut di Pantai Kelurahan Tondo, Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (12/10)

[FOTO] Mobil Pikap Berhasil Dievakuasi  Setahun Pasca-Tsunami PaluANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

2. Andai mobil pikap ini bisa berbicara dia akan bercerita kepada semua orang, kengerian saat detik-detik gelombang tsunami menghancurkan Sulawesi Tengah

[FOTO] Mobil Pikap Berhasil Dievakuasi  Setahun Pasca-Tsunami PaluANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

3. Tak hanya kendaraan dan bangunan, gempa dan tsunami di Sulteng juga menelan hampir 2.000 korban jiwa

[FOTO] Mobil Pikap Berhasil Dievakuasi  Setahun Pasca-Tsunami Palu

Semoga gempa dan tsunami di Sulawesi bisa menjadi pelajaran untuk masyarakat Indonesia, agar selalu waspada terhadap berbagai kemungkinan bencana, tak hanya tsunami dan gempa bumi.

Baca Juga: Pembangunan 831 Hunian untuk Korban Gempa-Tsunami Palu Segera Rampung

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You