Heboh Virus Corona, Gubernur Sumbar Sambut 155 Wisatawan Tiongkok

Warganet tak habis pikir

Jakarta, IDN Times - Di tengah kekhawatiran penyebaran virus Corona dari Tiongkok, Pemerintah Sumatera Barat justru menerima kedatangan sejumlah wisatawan asal sumber virus tersebut. Bahkan, kunjungan puluhan wisatawan asal Tiongkok di Sumbar, trending di Twitter.

Sebuah video sambutan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyambut sejumlah wisatawan asal Tiongkok beredar di media sosial, hingga trending di Twitter, setelah diunggah akun @infoSumbar, Minggu (26/1).

1. Gubernur Sumber menyambut rombongan wisatawan dari Kota Kunming, Tiongkok

Heboh Virus Corona, Gubernur Sumbar Sambut 155 Wisatawan Tiongkok(Instagram/humas.sumbar)

Dalam video yang beredar dari akun Instagram @humas.sumbar tersebut, terlihat Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, didampingi Sekretaris Daerah Sumbar Alwis, Kadis Kesehatan, Kadis Pariwisata Sumbar, dan Biro Humas Setdaprov Sumbar, menyambut rombongan wisatawan dari Kota Kunming, Tiongkok.

Mereka datang menggunakan pesawat carteran ke Sumatera Barat melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Dalam akun Instagram @humas.sumbar disebutkan, pada sambutannya, Irwan Prayitno mempromosikan destinasi wisata unggulan di Ranah Minang dan kuliner Minang yang telah mendunia.

"Selamat datang di Sumatera Barat, Indonesia. Semoga kunjungan wisatawan berkesan dan para wisatawan dapat berbagi keceriaan, keindahan dan keramahan masyarakat Sumatera Barat kepada negara asal, sehingga membantu pariwisata Sumatera Barat," ucap Irwan.

Baca Juga: [BREAKING] RSUD Mattaher Jambi Rawat Pasien Diduga Kena Virus Corona

2. Dinas Kesehatan Sumbar: Sebanyak 155 wisatawan asal Tiongkok tidak ada yang patut dicurigai terserang virus Corona

Heboh Virus Corona, Gubernur Sumbar Sambut 155 Wisatawan Tiongkok(Virus Corona juga berimbas hingga ke Hong Kong) IDN Times/Yogi Pasha

Dalam akun Instagram yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Barat Merry Yuliesday mengatakan pihaknya sudah menjalankan instruksi Kementerian Kesehatan RI untuk menjalankan sesuai SOP, guna mencegah masuk nya virus Corona ke Indonesia.

Di antaranya, kata Merry, dengan memasang thermo scanner guna memantau suhu tubuh setiap individu, dan pemeriksaan kesehatan oleh petugas kesehatan kepada wisatawan yang masuk melalui pintu kedatangan internasional di BIM menuju Sumbar.

"(Sebanyak) 155 wisatawan dari Kunming China yang datang hari ini tidak ada yang patut dicurigai dan perlu diisoloasi terserang virus Corona dan dalam kondisi sehat," ungkap Merry.

3. Warganet keheranan dan mempertanyakan maksud Gubernur Sumbar

Heboh Virus Corona, Gubernur Sumbar Sambut 155 Wisatawan Tiongkok(Virus Corona juga berimbas hingga ke Hong Kong) IDN Times/Yogi Pasha

Sebagian besar warganet keheranan melihat sikap yang dilakukan Gubernur Sumbar, dengan menyambut kedatangan puluhan wisatawan asal Tiongkok, di tengah heboh virus Corona dari Wuhan, Tiongkok.

Seperti pemilik akun @dsuperboy yang mempertanyakan maksud gubernur Sumbar seperti pada unggahan video @infoSumbar itu. "Sabananyo, dalam misi apo sih wisatawan ko pak
@irwanprayitno? Sampai disambut saserius ko bana. Sekadar wisata atau nio survei investasi pulo? Agiahlah kami pancerahan, Pak."

Pemilik akun @lusiands juga meminta Pemprov Sumbar agar mempertimbangkan keberadaan wisatawan asal Tiongkok itu, di tengah keresahan masyarakat Sumbar pada virus Corona, khususnya.

"Tolong. Yg rombongan kaduo ndak usah dibiarkan masuak ka sumbar ko lai. Tangguhkan se dulu. Lah abis wabah ko, kok ka wisata, kok ka lalok lalok di aspal sumbar ko buliah se nyo. 😭😭😭Tolong di pertimbangkan keresahan masyarakat bapak dan ibuk. Tolong bana," tulis dia.

Pemilik akun @andreefendi_ juga mengingatkan Pemprov Sumbar bahwa masa inkubasi virus Corona 7-14 hari. Sehingga bisa kemungkinan tidak terdeteksi di alat detektor di bandara.

"Virus Corona ko maso inkubasinyo 7-14 hari, alat detektor demam di bandara tu ndak bisa di andalkan, malah disambuik mode manyambuik presiden, mambuek karamaian di bandara, mampagadang resiko penularan. Makasuik penyambutan mode ko apo? Pitih ke isi kapalo tu nyo?!!!" kata dia.

Berbeda dengan pemilik akun @syafeiyusri yang menanggapi dengan nada gurau. "Turisnya mau bagi-bagi angpao," tulis dia dengan nada menyindir.

Baca Juga: Data Terbaru Virus Corona: 56 Jiwa Meninggal, 2.000 Orang Tertular

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya