Kata Peneliti soal Debat Capres-Cawapres Ketiga, Siapa Unggul?

Warganet sayangkan beberapa isu penting tidak dibahas

Jakarta, IDN Times - Debat capres-cawapres putaran ketiga yang diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2023) berlangsung sengit. Antara capres nomor urut satu Anies Baswedan dengan capres nomor urut dua Prabowo Subianto kerap saling serang.

Sedangkan, capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo tidak banyak menyerang lawan. Padahal, sejak awal Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Rakabuming Raka menyatakan, Prabowo tidak akan menyerang lawan pada debat ketiga ini.

Baca Juga: Anies dan Prabowo Tak Bersalaman Selepas Debat Ketiga, Kenapa?

1. Ketiga capres memiliki gagasan yang cukup baik

Kata Peneliti soal Debat Capres-Cawapres Ketiga, Siapa Unggul?Suasana debat ketiga KPU di Istora Senayan pada Minggu (7/1/2024). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Peneliti politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Mouliza Kristhoper Donna Sweinstani, mengatakan ketiga capres sama-sama memiliki gagasan yang baik soal pertahanan dan keamanan.

Sebab, kata Donna, ketiga capres sudah mengakomodasi sistem pertahanan dan keamanan bukan saja soal perang, tetapi juga hal-hal terkait kedaulatan negara. Misalnya soal negara kuat, bukan hanya kuat dari segi persenjataan, tetapi juga sisi ekonomi, termasuk juga sisi perempuan dengan penambahan jumlah prajurit TNI wanita.

"Jadi ketiganya ini sudah melihat keamanan dari semua sisi, dan untuk politik luar negeri semua calon sepakat untuk politik bebas aktif, karena memang dari dulu Indonesia seperti itu," ujar dia.

2. Dari awal Anies sudah 'ngegas' mengkritisi kinerja Prabowo

Kata Peneliti soal Debat Capres-Cawapres Ketiga, Siapa Unggul?Anies Baswedan dalam acara Debat Ketiga Capres yang diadakan oleh KPU di Istora Senayan pada Minggu (7/1/2024). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Donna menilai, untuk gagasan hubungan internasional, Anies lebih memiliki nilai plus ketimbang visi misi Ganjar dan Prabowo. Sebab, Anies bercita-cita menjadikan Indonesia pemimpin di semua forum internasional.

"Memang kalau untuk hubungan internasional, Pak Anies lebih punya standing position, ada nilai plus ya," ujar dia.

Donna juga melihat dari awal sesi debat ketiga ini, capres nomor urut satu Anies sudah siap-siap menyerang lawannya. Terutama kepada capres nomor urut dua, Prabowo.

"Iya, dari awal Pak Anies sudah ngegas, ya, sudah gagal. Senjata yang digunakan Pak Anies mengevaluasi yang sekarang ini (kepemimpinan Prabowo Subianto di Kementerian Pertahanan)," ujar dia.

Donna melihat debat kali ini seperti diwarnai saling serang antara Anies dan Prabowo, namun sejatinya mereka tidak keluar konteks tema debat. Namun lebih mengkritisi kinerja Prabowo di Kementerian Pertahanan yang tengah ia jabat.

"Bagaimana kondisi kinerja Kementerian Pertahanan, bagaimana kondisi TNI saat ini," ujarnya.

Baca Juga: Prabowo Selak Jawaban Anies di Segmen Kedua Debat Capres

3. Warganet sayangkan beberapa isu terkait keamanan tidak dibahas

Kata Peneliti soal Debat Capres-Cawapres Ketiga, Siapa Unggul?Suasana debat ketiga KPU di Istora Senayan pada Minggu (7/1/2024). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Sementara, Senior Analyst Drone Emprit, Yan Kurniawan, menyebutkan di media sosial banyak menyayangkan isu-isu penting dalam negeri seperti kerusuhan di Papua dan knalpot brong tidak dibahas dalam debat.

"Kalau siapa yang paling unggul memainkan isu, itu Pak Anies. Yang kebawa isunya itu Pak Prabowo, kurang lebih seperti itu. Kalau bicara ukurannya paling stabil visi misinya dan apa yang akan dilakukan, itu 03 (Ganjar)," ujar Yan.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/yuo7XrXc124

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya