Kemendagri Pastikan Kebutuhan Perkantoran Papua Selatan Terpenuhi

Beberapa pemda siap berikan dana hibah ke Papua Selatan

Jakarta, IDN Times - Kelompok Kerja (Pokja) I Satuan Tugas (Satgas) Pengawalan Daerah Otonom Baru (DOB) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus memastikan berbagai kebutuhan, untuk mendukung pembangunan Provinsi Papua Selatan terpenuhi. Langkah itu diperlukan, menjelang peresmian provinsi tersebut dan pelantikan penjabat (Pj) gubernur.

Guna memastikan kebutuhan tersebut, dalam kunjungan kali kedua ini, Pokja I menggelar rapat bersama Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Merauke, dan Kepala Biro Organisasi Provinsi Papua di Kantor BPKAD Kabupaten Merauke, Selasa (13/9/2022).

Pokja I juga meninjau lokasi rencana pembangunan kompleks Pemerintahan Provinsi Papua Selatan.

Baca Juga: Tim Kemendagri Verifikasi Dokumen Persiapan Peresmian Papua Tengah

1. Pokja I persiapkan ketersediaan perkantoran, pembentukan OPD, kebutuhan SDM, dan sebagainya

Kemendagri Pastikan Kebutuhan Perkantoran Papua Selatan TerpenuhiIlustrasi Papua (IDN Times/Mardya Shakti)

Dalam sambutannya, Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah (SUPD) I Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Edison Siagian, yang merupakan anggota Pokja I mengatakan, kedatangannya untuk melanjutkan proses yang telah dilakukan rombongan Pokja I sebelumnya.

Terutama, kata Edison, dalam mempersiapkan ketersediaan perkantoran, pembentukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kebutuhan sumber daya manusia (SDM), dan sebagainya.

"Oleh sebab itu, tugas kami yang di gelombang kedua ini adalah mengonfirmasi hal-hal yang sudah disepakati dalam berita acara yang sudah dibuat oleh tim yang pertama datang," kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu (14/9/2022).

2. Provinsi Papua dan beberapa kabupaten siap berikan dana hibah kepada Provinsi Papua Selatan

Kemendagri Pastikan Kebutuhan Perkantoran Papua Selatan TerpenuhiIlustrasi Perumahan Suku (IDN Times/Mardya Shakti)

Diketahui, Provinsi Papua dan empat kabupaten seperti Kabupaten Merauke, Mappi, Asmat, dan Boven Digoel telah menyepakati untuk memberikan dana hibah kepada Provinsi Papua Selatan.

Dalam kesempatan itu, Pokja I  juga akan mengecek berbagai perkembangan dari hasil kesepakatan tersebut. Edison berharap, pengawalan yang dilakukan Pokja I dapat semakin memperjelas pemenuhan kebutuhan Papua Selatan dari berbagai aspek.

Baca Juga: Dukung Peresmian Papua Selatan, Pemprov dan 4 Pemkab Beri Dana Hibah

3. Pj Gubernur Papua Selatan beserta perangkat kerjanya diharapkan bisa bekerja dengan baik

Kemendagri Pastikan Kebutuhan Perkantoran Papua Selatan TerpenuhiIlustrasi Papua (IDN Times/Mardya Shakti)

Pokja I juga berharap Pj Gubernur Papua Selatan beserta perangkat kerja yang akan terbentuk, nantinya bisa bekerja dengan baik. Harapan lainnya agar seluruh pihak terkait, terus mendukung pembangunan Provinsi Papua Selatan.

Dalam kesempatan itu, Edison juga menekankan berbagai aspek yang perlu diperhatikan dalam mendukung pembangunan Provinsi Papua Selatan, di antaranya menyangkut penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Rencana Pembangunan Daerah (RPD), Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), serta lainnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya