Mau Mudik dengan Pemandangan Instagramable? Cobain Lintas Pansela Yuk

Lintas Pansela terbentang melintasi lima provinsi di Jawa

Jakarta, IDN Times - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengajak pemudik agar melalui Lintas Pantai Selatan (Pansela) Jawa sebagai jalur alternatif jalur mudik Lebaran tahun ini, selain Lintas Pantai Utara (Pantura) dan Lintas Tengah Pulau Jawa.

"Salah satu persiapannya adalah Lintas Pansela ini bisa menjadi alternatif bagi para pemudik, sehingga beban lalu lintas terbagi dan tidak menumpuk di Lintas Pantura dan Lintas Tengah Jawa," ujar Basuki dalam keterangan tertulis, Minggu (10/4/2022).

Baca Juga: Pemudik, Ini Jalur-Jalur Tol dari Jabodetabek ke Merak dan Tarifnya 

1. Total Lintas Pansela sudah terhubung sepanjang 1.242 km

Mau Mudik dengan Pemandangan Instagramable? Cobain Lintas Pansela YukIlustrasi pantai (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Basuki menjelaskan Lintas Pansela yang dibangun sudah tembus dari Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, melalui Kebumen, Cilacap, Wonosari hingga Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Secara total sudah terhubung sepanjang 1.242 km.

"Jalan Pansela dibangun dengan biaya dari APBN, Asian Development Bank (ADB) dan Islamic Development Bank (IDB) ini dimulai sejak enam tahun lalu, kita bangun secara bertahap. Nanti di 2024 akan kita teruskan hingga tersambung sampai Banyuwangi, Jawa Timur," kata dia.

2. Lintas Pansela sajikan keindahan alam yang instagramable

Mau Mudik dengan Pemandangan Instagramable? Cobain Lintas Pansela YukIlustrasi Lintas Pansela (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Menurut Basuki, Presiden Joko "Jokowi" Widodo memerintahkan agar persiapan mudik Lebaran 2022 lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, mengingat antusiasme pemudik tahun ini tinggi setelah dilarang mudik selama dua tahun akibat pandemik COVID-19.

Dengan adanya tiga jalur mudik di Pulau Jawa, Basuki berharap, beban terbagi pada saat mudik. Untuk itu, ia mengajak masyarakat memanfaatkan Lintas Pansela dengan pemandangan yang indah yang melewati banyak tempat lokasi wisata pantai.

Pemandangannya yang indah dan instagrammable di Lintas Pansela, kata Basuki, membuat liburan Lebaran menjadi berkesan dengan keluarga.

Baca Juga: Yes! Mudik dari Jalur Bekasi ke Jawa Tidak Ada Penyekatan

3. Lintas Pansela terbentang melintasi lima provinsi di Pulau Jawa

Mau Mudik dengan Pemandangan Instagramable? Cobain Lintas Pansela YukIlustrasi Lintas Pansela (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Ruas jalan Pansela terbentang melintasi lima provinsi di Pulau Jawa yakni Provinsi Banten dengan ruas Simpang Labuhan-Batas Provinsi Jawa Barat sepanjang 169,5 km, lalu di Provinsi Jawa Barat dengan ruas dari batas Provinsi Banten di Sindang Barang hingga batas Provinsi Jawa Tengah sepanjang 417,1 km.

Kemudian, Lintas Pansela di Provinsi Jawa Tengah dengan ruas mulai batas Provinsi Jawa Barat, Congot-Duwet hingga Glonggong sepanjang 212,5 km.

Selanjutnya, di Provinsi DI Yogyakarta dengan ruas Karang Nongko-Legundi hingga Duwet sepanjang 120,8 km. Terakhir ruas-ruas di Provinsi Jawa Timur dengan ruas Panggul-Sendangbiru-Jarit-Puger hingga Glenmore sepanjang 627,6 km.

Penanganan Lintas Pansela Jawa dilaksanakan melalui pekerjaan pembangunan jalan baru, preservasi jalan atau kegiatan pemeliharaan, rehabilitasi, rekonstruksi jalan dan jembatan, serta pelebaran jalan menuju standar yang berkelanjutan untuk mempertahankan jalan dalam kondisi baik.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya