Once Mekel Curhat soal Musik, Ganjar Klaim Komitmen ke Musisi Jalanan

Ganjar diminta lebih gercep soal musisi Indonesia

Jakarta, IDN Times - Penyanyi Once Mekel menyampaikan aspirasi agar bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo memberi perhatian dan kepedulian terhadap insan musik Indonesia.

"Kami berharap ada dukungan terhadap performer dan pencipta lagu," kata Once saat berdialog dengan Ganjar Pranowo di acara Gercep Bareng Kreator di Saung Berkah, Kabupaten Bogor, dilansir ANTARA, Sabtu (22/7/2023).

Mantan vokalis Dewa 19 itu menyebutkan terkait royalti menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan pemerintah. Ia juga berharap ada satu sistem yang terbangun terkait industri musik di Tanah Air.

Turut hadir mendampingi Ganjar dalam diskusi tersebut antara lain, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Hadir juga beberapa bakal caleg dari kalangan artis yakni Once Mekel dan Tamara Geraldine.

Baca Juga: Senyum Mega saat Terima Lagu Ganjar Siji Ganjar Kabeh dari Encik

1. Ganjar diminta lebih 'gercep' jika kelak terpilih jadi presiden

Once Mekel Curhat soal Musik, Ganjar Klaim Komitmen ke Musisi JalananOnce Mekel (@remy_photofficial via instagram.com/oncemekelofficial)

Once menjelaskan saat ini sudah ada perangkat untuk memantau lagu, yakni Sistem Informasi Musik dan Lagu (SILM) yang perlu diberdayakan.

"Saya percaya Pak Ganjar gercep (gerak cepat). Sebenarnya sudah ada di era Pak Jokowi. Tapi harapannya Pak Ganjar nanti bila terpilih akan semakin gercep," ucap dia.

Once juga menyinggung Pusat Data Lagu dan atau Musik (PDLM) yang diluncurkan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

"Kami berharap ini menjadi perhatian pemerintah, agar bisa dirasakan manfaatnya oleh insan musik Indonesia," ujar dia.

2. Ganjar tegaskan pentingnya creative hub untuk wadah industri kreatif

Once Mekel Curhat soal Musik, Ganjar Klaim Komitmen ke Musisi JalananGubernur Jateng Ganjar Pranowo berjalan di atas panggung saat tampil bareng dengan Slank di Yogyakarta. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Menanggapi aspirasi itu, Ganjar mengatakan, karena sudah ada yang mengatur maka saat ini bagaimana agar sistem itu bisa berjalan dengan baik. Termasuk dengan melakukan uji coba penerapannya.

Ganjar juga mengklaim berkomitmen terhadap musisi Indonesia, termasuk musisi jalanan.

Karena itu, Ganjar menegaskan pentingnya kehadiran creative hub (pusat kreatif) untuk menjadi wadah bagi para pelaku industri kreatif. Dia melihat banyak anak muda yang memiliki kreativitas dalam mengekspresikan minat dan bakat. Karena itu, kata dia, mereka perlu diberikan ruang.

"Pikiran saya hanya satu saja, ruang kreasinya dibuat creative hub," kata dia.

Ganjar pun menceritakan ia pernah berdialog dengan anak-anak muda. Sebagian dari mereka ada yang fokus pada bidang musik hingga jualan barang-barang tertentu.

Sayangnya, kata Ganjar, anak-anak muda ini mengaku belum tidak mengetahui ruang-ruang untuk mengeksplorasi apa yang menjadi fokus yang mereka tekuni itu.

"Apa problemnya? Kalau saya ketemu sama orang yang jagoan musik, creative hub, industri seni, meng-UMKM-kan, sehingga apa? Ya, negara (memberikan) fasilitas," ujarnya.

Baca Juga: Momen Lucu 3 Senior PDIP Ledek Gibran Ingin Punya Marga Batak

3. Pendaftaran capres-cawapres Pilpres 2024 segera dibuka

Once Mekel Curhat soal Musik, Ganjar Klaim Komitmen ke Musisi JalananKantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Menteng, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sesuai dengan jadwal tahapan Pemilu 2024 Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden mulai 19 Oktober hingga 25 November 2023.

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu) mengatur pasangan calon presiden/wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini ada 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden/wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi dari DPR RI. Pasangan calon juga dapat diusung parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 yang total perolehan suara sahnya minimal 34.992.703 suara.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/LaVtwdW_j6A

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya