Pendukung Anies Baswedan Maju Pilpres 2024 Meluas ke Cianjur

Relawan Beraksi sebelumnya deklarasi dukung Anies di Bogor

Jakarta, IDN Times - Pendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk maju dalam kontentasi pemilihan presiden (Pilpres) 2024 dari gerakan Bersama Anies Kami Siap (Beraksi) merambah ke Cianjur, Jawa Barat.

Koordinator Beraksi Tonny F mengatakan meluasnya pendukung Anies di kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Barat, melihat ketokohan Anies selama menjadi pemimpin yang nampak siap membawa Indonesia lebih baik.

"Kami mulai mendapati tokoh-tokoh di Cianjur berinisiatif ikut berdeklarasi di daerahnya minggu lalu. Bukan cuma tokoh, tapi ada emak-emak dan tokoh pemuda lainnya hadir. Jumlah ada 50 orang," kata Tonny dilansir ANTARA, Minggu (12/12/2021).

Baca Juga: Relawan BERAKSI Deklarasikan Anies Baswedan Maju Pilpres 2024

1. Hadirnya pendukung Anies di Cianjur membuka jaringan lain di Jabar

Pendukung Anies Baswedan Maju Pilpres 2024 Meluas ke Cianjur(Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menunjukkan penghargaan dari KPK) www.instagram.com/@aniesbaswedan

Dengan hadirnya para perintis dukungan Anies di Cianjur, kata Tonny, tidak menutup kemungkinan akan membuka jaringan lain ke wilayah Jawa Barat hingga semakin bergema.

Toni menyampaikan Beraksi akan terus merajut koordinasi serta menjalin komunikasi dengan semua elemen, yang menginginkan Anies maju dan menang pada Pilpres 2024.

2. Relawan Beraksi di Cianjur yang menunjukkan militansi kuat

Pendukung Anies Baswedan Maju Pilpres 2024 Meluas ke CianjurGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melambaikan tangan saat menjalani isolasi di rumah dinasnya di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2020) (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Sementara, Ketua Korda Cianjur Lusi Laurensi mengatakan, ada hal menarik dari relawan Beraksi di Cianjur yang menunjukkan militansi kuat.

Pihak Korda, menurut Lusi, telah berusaha menyaring relawan untuk hadir pada deklarasi sebelumnya, dari undangan 30 orang terdiri atas perwakilan ormas, emak-emak, buruh, pelaku UMKM, dan tokoh masyarakat.

Namun, antusias pendukung Anies di Cianjur sulit dibendung hingga dihadiri sekitar 50 orang, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

"Satu yang penting, mas Anies jadi presiden dan kami relawan di Cianjur 100 persen siap bekerja mewujudkan itu. Kami di sini punya semboyan, bekerja keras, berpikir cerdas, beramal ikhlas dan itulah yang akan kami jalankan selama proses mengawal mas Anies menjadi RI 1," kata Lusi.

Baca Juga: Deretan Relawan Deklarasi Dukung Anies Jadi Capres 2024

3. Beraksi mulai deklarasikan dukung Anies Baswedan di Bogor

Pendukung Anies Baswedan Maju Pilpres 2024 Meluas ke CianjurGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berolah raga saat menjalani isolasi di rumah dinasnya di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2020) (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Pada pertengahan November lalu, relawan Anies Baswedan yang menamakan kelompok mereka Bersama Anies Kami Siap atau Beraksi, mulai mendeklarasikan dukungan kepada Gubernur DKI Jakarta itu untuk maju Pilpres 2024.

Koordinator relawan Beraksi Gunawan Zulkarnaen mengatakan, relawan terdiri atas berbagai latar belakang dan usia mulai dari bidang pertanian, peternak, UMKM, ekonomi kreatif, buruh, wanita hingga millennial.

Gerakan itu telah dideklarasikan pada Kamis, 18 November 2021 sebagai dukungan terhadap Anies Baswedan maju Pilpres 2024 dari Jawa Barat, dan akan dikembangkan ke provinsi lain.

"Deklarasi awal dilakukan di Bogor dan direncanakan hingga menyebar di kota dan kabupaten lain Jawa Barat," ujarnya dikutip dari ANTARA, Jumat, 19 November 2021.

Zulkarnaen mengatakan, Anies memang belum mendeklarasikan diri akan maju dalam konstelasi Pemilu 2024. Tetapi, kata dia, dengan dukungan yang terus mengalir bukan tidak mungkin akan mendorong Anies untuk mantap menjajaki pertarungan politik ke depan.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya