Comscore Tracker

Deretan Relawan Deklarasi Dukung Anies Jadi Capres 2024

Belum diketahui apakah para relawan itu saling terhubung

Jakarta, IDN Times - Sejumlah kelompok di daerah mendeklarasikan diri sebagai pendukung Anies Baswedan untuk maju pada Pilpres 2024. Deklarasi terbaru datang dari Aliansi Wanita Pendukung Anies (AWPA) Sumatera Utara. Mereka mendeklarasikan diri pada Sabtu, 28 November 2021.

"Kami mendukung sepenuh hati Bapak Anies Rasyid Baswedan menjadi calon Presiden Republik Indonesia di Pilpres 2024," ujar Ketua Umum AWPA Sumut, Beby Kartika Subandi, seperti dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Relawan ANIES Deklarasikan Anies Jadi Capres Pilpres 2024

1. Ada relawan Tanjak Riau

Deretan Relawan Deklarasi Dukung Anies Jadi Capres 2024IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Selain itu ada relawan Tanjak Riau yang juga mendeklarasikan dukungannya kepada Anies Baswedan untuk maju di Pilpres 2024. Insiator Relawan Tanjak, Eddy Ahmad, mengatakan Anies merupakan orang yang cerdas dan visioner.

"Pak Anies ini sosok pemimpin yang berkomitmen dengan janji politiknya. Jadi sejalan antara kata dan perbuatannya, segaris antara janji dan kebijakan," ucapnya.

Relawan lainnya adalah 'Bersama Anies Kami Siap atau BERAKSI'. Koordinator relawan BERAKSI, Gunawan Zulkarnaen mengatakan, relawan BERAKSI terdiri atas berbagai latar belakang dan usia mulai dari bidang pertanian, peternak, UMKM, ekonomi kreatif, buruh, wanita hingga millennial. Gerakan itu telah dideklarasikan pada Kamis (18/11/2021) sebagai dukungan terhadap Anies Baswedan maju Pilpres 2024 dari Jawa Barat dan akan dikembangkan ke provinsi lain.

"Deklarasi awal dilakukan di Bogor dan direncanakan hingga menyebar di kota dan kabupaten lain Jawa Barat," ujarnya dikutip dari ANTARA, Jumat (19/11/2021).

2. Relawan ANIES

Deretan Relawan Deklarasi Dukung Anies Jadi Capres 2024

Selain itu, ada Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) yang memberikan dukungannya kepada Anies Baswedan. Mereka mendeklarasikan diri sebagai pendukung Anies di Pilpres 2024 pada Rabu, 20 Oktober 2021.

Koordinator Deklarator ANIES, Laode Basir mengatakan keputusan untuk mendukung Anies di Pilpres 2024 berdasarkan sejumlah hasil diskusi. Salah satunya dengan diskusi refleksi 4 tahun kepempiminan Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Ada satu kata kunci yang menjadi kesepakatan kami bahwa Bapak Anies Rasyid Baswedan berhasil memimpin Jakarta. Apa instrumen keberhasilan ini? Sangat banyak yang bisa kita sebut," katanya.

3. Ketua PWNU Jatim sebut Anies calon presiden

Deretan Relawan Deklarasi Dukung Anies Jadi Capres 2024Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar. IDN Times/Alfi Ramadanab

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar sempat berseloroh kalau Anies Baswedan calon presiden. Ucapan itu terlontar saat ada warga yang ingin berfoto dengan Anies usai pertemuan di Ponpes Sabilurrosyad, Jumat (12/11/2021).

"Ayo, salaman dengan calon presiden," celetuk KH Marzuki kepada santri warga dan santri yang mau berfoto dengan Anies.

Meski demikian, belum diketahui apakah Marzuki mendukung Anies sebagai Capres 2024 atau tidak. Dalam wawancara dengan para pewarta, Kiai Marzuki menyebut kehadiran Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di kediamannya hanya sebatas silaturrahmi. Anies pun senada, ia mengaku bahwa pertemuan itu tak ada agenda lain selain silaturrahmi.

Baca Juga: Anies: Lokasi Formula E Bukan Urusan Presiden!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya