Sosok Anies Baswedan di Mata Mantan Kapolda Jatim

Anies dinilai sosok yang mumpuni sebagai pemimpin

Jakarta, IDN Times - Saat ini ada tiga bakal calon presiden (capres) yang akan berkontestasi pada Pilpres 2024. Masyarakat sebagai pemilih perlu mengetahui detail ketiga calon presiden tersebut, mulai dari latar belakang keluarga, pendidikan, rekam jejak, pengalaman, hingga karakter mereka.

Purnawirawan perwira tinggi Polri yang merupakan mantan Kapolda Jawa Timur, Irjen. Pol. (Purn.) Anas Yusuf, memiliki perspektif tersendiri tentang kepemimpinan bakal capres Anies Baswedan. Dia menilai Anies adalah sosok yang mumpuni.

Baca Juga: NasDem Ungkap Momentum yang Tepat Buat Umumkan Cawapres Anies

1. Anies dinilai memiliki pengalaman dan berpendidikan

Sosok Anies Baswedan di Mata Mantan Kapolda Jatimmantan Kapolda Jawa Timur, Irjen. Pol. (Purn.) Anas Yusuf (ANTARA/Fiqih Arfani)

Anas mengatakan, dalam konstelasi di tahun politik ini telah terdapat tiga cawapres, salah satunya Anies Baswedan yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), yang disokong tiga partai yakni Partai NasDem, PKS, dan Demokrat.

Jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1984 yang memiliki pengalaman dalam bidang reserse ini, berpendapat pemimpin harus memiliki kemampuan manajerial yang baik, leadership, visioner, dan pengetahuan tentang strategi, baik geopolitik maupun geostrategi, serta kejujuran.

"Saya melihat sosok Pak Anies ini sangat mumpuni. Pertama, dari latar belakang akademis atau pendidikan, sejak masih mahasiswa beliau sudah menjadi duta sekolah di mana-mana, ini tentu sangat bagus," ujar Anas dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/7/2023).

"Kemudian, beliau sarat dengan pengalaman, pernah menjadi tim sukses Pilpres 2014, menjadi Gubernur DKI Jakarta, menjadi Menteri Pendidikan, rektor, dan berbagai inisiatif gerakan-gerakan sosial seperti Indonesia Mengajar," sambungnya.

2. Anies dinilai memiliki kriteria seorang pemimpin

Sosok Anies Baswedan di Mata Mantan Kapolda JatimIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Anas menyebut, sosok Anies Baswedan sudah memiliki pengalaman luar biasa, sehingga sangat tepat sebagai cawapres maupun presiden. Anies, kata dia, sudah memiliki kriteria seorang pemimpin.

"Itu pandangan saya sebagai purnawirawan Polri yang memiliki hak sama dengan masyarakat sipil, baik untuk memilih maupun dipilih. Saya tertarik dengan figur Pak Anies karena memiliki kriteria-kriteria sebagai pemimpin," kata dia.

Baca Juga: Elektabilitas Anies Rendah Efek Tingginya Kepuasan Kinerja Jokowi

3. Anies juga memiliki banyak prestasi ketika memimpin Jakarta dan sosok rendah hati

Sosok Anies Baswedan di Mata Mantan Kapolda JatimAnies Baswedan (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Menurut Anas, berbagai hal positif Anies juga terlihat dari rekam jejaknya ketika memimpin DKI Jakarta melalui berbagai penghargaan, sehingga menjadi gubernur yang paling banyak mendapatkan penghargaan, baik dari dalam maupun luar negeri.

"Paling tepat beliau [untuk menjadi Presiden] kalau memang ditakdirkan. Mudah-mudahan beliau jadi pemimpin kami di tahun 2024," kata dia.

Selain itu, purnawirawan jenderal polisi bintang dua ini menuturkan Anies merupakan sosok yang cerdas dan rendah hati, serta mampu mengendalikan dan mengelola emosi dengan baik.

"Tidak semua orang bisa mengendalikan emosi. Ketika Pak Anies dicecar dan dipojokkan, beliau biasa saja. Beliau justru dengan argumentasi yang pas membuat orang yang nanya jadi bingung. Beliau sosok luar biasa. Saya mendoakan semoga beliau menjadi the next president 2024," kata Anas.

Sekadar informasi sosok Anas Yusuf, berbagai posisi penting di Polri pernah diembannya, seperti Staf Ahli Bidang Sosial dan Politik Kapolri, Kapolda Kalimantan Timur, Wakil Kepala Bareskrim Polri, Kapolda Jawa Timur hingga jabatan terakhir sebagai Gubernur Akpol.

Sejak tugas pertamanya sebagai Kapolsek di Kupang, NTT, Anas Yusuf terus mengikuti berbagai pendidikan dan pelatihan, seperti Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK-PTIK), mengikuti pendidikan selama dua tahun di Jerman, Sespim Polri. Kemudian terbang lagi ke CID Berlin, Jerman untuk mengikuti pendidikan tentang kejahatan ekonomi.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/v9alPt4aYTk

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya