Terima Masukan Tim Pakar, Begini Persiapan Ma'ruf Amin Hadapi Debat

Apa saja persiapan Ma'ruf Amin hadapi debat capres?

Jakarta, IDN Times - Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin menyatakan sudah siap tampil pada Debat Capres-Cawapres tahap pertama, yang akan diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 17 Januari mendatang.

Bagaimana persiapan Ma'ruf jelang debat capres-cawapres? Apakah ada persiapan khusus?

Baca Juga: Bambang Widjoyanto Dicoret dari Panelis Debat Capres, Ini Alasan TKN

1. Ma'ruf sudah mendapat masukan-masukan dari tim pakar

Terima Masukan Tim Pakar, Begini Persiapan Ma'ruf Amin Hadapi DebatIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menurut Ma'ruf, dirinya merasa siap karena mendapatkan dukungan dari Tim Kampanye Nasional (TKN) maupun Tim Pakar yang mendukungnya.

Ma'ruf menjelaskan Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir, bersama sejumlah pakar, pada Minggu pagi mengunjungi kediamannya, yakni memberikan masukan-masukan untuk persiapan debat capres-cawapres.

2. Ma'ruf mendapat kisi-kisi

Terima Masukan Tim Pakar, Begini Persiapan Ma'ruf Amin Hadapi DebatIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Tim Pakar, kata Ma'ruf, memberikan semacam kisi-kisi dari tema yang akan dibahas pada debat tahap pertama, yakni persoalan penegakan hukum, HAM, pemberantasan korupsi, dan terorisme.

"Dengan masukan-masukan itu, Pak Jokowi dan saya sudah siap mengikuti debat yang akan diselenggarakan oleh KPU," kata dia, usai menerima perkwakilan suporter klub sepakbola di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Minggu petang (6/1).

3. Tim pakar berasal dari berbagai latar

Terima Masukan Tim Pakar, Begini Persiapan Ma'ruf Amin Hadapi DebatIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Terkait siapa dan dari lembaga mana saja tim pakarnya, Ma'ruf enggan menyebutkan. "Pakarnya dari berbagai macam. Waduh banyak saya nyebutinnya," kata dia, tertawa.

Ma'ruf menambahkan, tim pakar sesuai dengan tema yang akan dibahas yakni, hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. "Pokoknya pakar-pakar yang tergabung dalam Tim Pakar Kiai Ma'ruf Amin," kata dia, dilansir kantor berita Antara.

4. Semua tema debat dianggap penting

Terima Masukan Tim Pakar, Begini Persiapan Ma'ruf Amin Hadapi DebatANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Topik khusus yang diperdalam, menurut Ma'ruf, semua tema yang akan dibahas pada debat tahap pertama adalah penting, sehingga semuanya menjadi perhatisan publik.

"Tidak ada yang khusus dibahas, karena semuanya menjadi penting," kata dia.

Kendati, Ma'ruf menyebut, kehadiran tim pakar belum membantu sepenuhnya untuk menghadapi debat.

"Karena pada acara debat nanti, pertanyaannya ada banyak. Mana pertanyaan untuk saya dan mana pertanyaan untuk Pak Jokowi, kita belum tahu," kata dia.

5. Belum tahu pertanyaan debat

Terima Masukan Tim Pakar, Begini Persiapan Ma'ruf Amin Hadapi DebatANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Ma'ruf mengatakan soal-soal yang akan ditanyakan untuk pasangan capres-cawapres nomor urut 01 belum ditahui. Namun, jika mencermati debat capres-cawapres Pilpres 2014, menurut dia, soal-soal tersebut masih dalam amplop tertutup dan pasangan capres-cawapres harus memilih amplop tersebut.

Karena itu, pasangan Jokowi-Ma'ruf akan melakukan latihan simulasi debat capres-cawapres. "Ya tentu, kita akan melakukan simulasi, pendalaman juga," kata dia.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan capres, yaitu nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Baca Juga: Walau Jadi Panelis, Ketua KPK Tak Akan Hadiri Debat Capres 17 Januari

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya